dubes-hardiknas

Duta Besar RI Herman Prayitno menyampaikan sambutannya pada acara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 di Aula Serbaguna Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2016, di halaman Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Kuala Lumpur, Selasa, 3 Mei 2016. Upacara diikuti dengan khidmat oleh sekitar 200-an peserta, yang terdiri dari para Home Staff dan Local Staff KBRI KL, Ibu Dharma Wanita Persatuan, Murid dan Guru SIKL, Pramuka, mantan Guru SIK, serta orang tua murid yang tergabung dalam Komite Sekolah Indonesia.

Upacara bertema “Nyalakan Pelita Terangkan Cita-Cita” itu dimulai tepat pukul 09.00 pagi waktu KL, dipimpin oleh Duta Besar KBRI KL, Herman Prayitno, yang menjadi Inspektur Upacara. Dengan langkah tegap dan kompak murid SMP-SMA SIKL yang menjadi tim Paskibra mengibarkan bendera Merah Putih, diiringi alunan Lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ibu Aan Mulyani. Para peserta upacara ikut menyanyikannya dengan khidmat. Kemudian disusul dengan penyampaian amanat tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang Penyelenggaraan Hardiknas Tahun 2016, yang disampaikan oleh Inspektur Upacara.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang dibacakan oleh Duta Besar RI menyampaikan bahwa keterampilan yang diperlukan anak-anak Indonesia untuk menghadapi tantangan di zaman modern ini adalah keterampilan utuh yang mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi. Keterampilan-keterampilan ini diperlukan untuk menjawab tantangan di abad ke 21 ini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga menghimbau masyarakat untuk berperan aktif untuk memberikan dorongan, dan ruang bagi anak-anak Indonensia untuk berkontribusi memajukan diri, memajukan masyarakat, dan bangsanya. Melalui pidatonya, beliau mengungkap harapannya agar pendidikan dapat berperan menjadi penerang bagi anak Indonesia untuk dapat melihat peluang, pendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya.

Seluruh acara berlangsung dengan lancar, acara dilanjutkan dengan peresmian Bulan Pendidikan dan Kebudayaan oleh Duta Besar Herman Prayitno yang ditutup dengan hiburan tarian dan nyanyian yang dipersembahkan oleh siswa-siswi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan ramah-tamah seluruh peserta dan panitia upacara Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

 (Sumber: KBRI Kuala Lumpur)

administratorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2016, di halaman Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Kuala Lumpur, Selasa, 3 Mei 2016. Upacara diikuti dengan khidmat oleh sekitar 200-an peserta, yang terdiri dari para Home Staff dan Local...