pelatihan-seamoKota Kinabalu: Sedikitnya 30 orang guru matematika telah mengikuti Program Pendidikan dan Pelatihan in-Country Training on Joyful Learning in Mathematics Education for Mathematics Teachers.

Acara ini diselenggarakan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu oleh SEAMEO QITEP in Mathematics. Rencananya akan berlangsung selama sepekan mulai Rabu, 14 September 2016.

Acara yang dihadiri langsung oleh kepala sekolah Bapak Istiqlal dan direktur SEAMEO Bapak Abi Sujak ini telah mampu menyedot perhatian khusus bagi guru-guru Indonesia yang bekerja di Sabah Malaysia.

Pada hari pertama, SEAMEO telah memberikan alat yang diberi nama SIERRA secara gratis yang berfungsi sebagai wifi yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk memperluas jaringan pendidikan.

Bahkan di dalam alat yang berukuran sebesar kartu nama ini, sudah terdapat lebih dari sepuluh ribu soal yang dapat dimanfaatkan oleh para guru dan siswa.

Selain itu, Bapak Abi Sujak menyampaikan bahwa guru juga dapat mengupload soal ke dalam SIEREA dan secara otomatis akan dapat dilihat oleh para pengguna SIERRA di seluruh Asia.

Tentu kemajuan ini sangat dibutuhkan bagi para pendidik, apalagi yang mengajar jauh di daerah terpencil seperti di Sabah, Malaysia. Beliau mengatakan Kami akan terus berusaha menyebarluaskan akses pendidikan dengan berbagai terobosan-tebosan baru.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan pelatihan pembelajaran matematika. Pelatihan ini difasilitasi oleh Prof. Subanar, Fadjar Shadiq, M.App.Sc dan Uki Rahmawati, M.Pd. Keduanya secara bergantian berkolaborasi memberikan materi kepada peserta.

Peserta diajak untuk mendalami lebih lanjut metode pembelajaran dalam mengajarkan matematika.
Sebagai guru matematika sudah pasti memiliki keinginan untuk menolong dan memfasilitasi siswa untuk belajar matematika yang lebih bermakna, menyenangkan, bahkan menemukan cara belajar sendiri bagi tiap-tiap siswa.

Saat dimintai komentar, Kepala Sekolah Drs. Istiqlal, M.Pd menegaskan bahwa dengan adanya pelatihan seperti ini, tentunya para guru diharapkan dapat mengembangkan kreativitas dalam mengajar matematika. (THS)

administratorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
Kota Kinabalu: Sedikitnya 30 orang guru matematika telah mengikuti Program Pendidikan dan Pelatihan in-Country Training on Joyful Learning in Mathematics Education for Mathematics Teachers. Acara ini diselenggarakan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu oleh SEAMEO QITEP in Mathematics. Rencananya akan berlangsung selama sepekan mulai Rabu, 14 September 2016. Acara yang dihadiri langsung...