universiti-kebangsaan-malaysia_ukmBangi, Selangor – Sebanyak 60 orang mahasiswa dari Perguruan Tinggi Islam di Indonesia seperti Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, Palembang, Semarang dan IAIN Mataram mengikuti pelatihan Leadership and Enterpreneurships di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) selama sepekan (16-23 Oktober 2016).

Koordinator Program Implementasi Unit (PIU) Islamic Development Bank, Dr. Zainul Fuad menjelaskan, kegitan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang kepemimpinan.

“Teori yang telah diterima mahasiswa di kelas perlu dipraktekkan di lapangan. Untuk itu, para mahasiswa dituntut untuk mampu membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan sejumlah mahasiswa lainnya dari berbagai daerah di Indonesia,” ungkap Dr Zainul yang juga sebagai ketua rombongan.

Menurutnya lagi, mahasiswa yang terpilih dalam pelatihan ini adalah hasil seleksi ketat berdasarkan nilai IPK, kemampuan bahasa Asing, dan pengalaman berorganisasi.

Selama di UKM mahasiswa diperkenalkan dengan sistim belajar mengajar di sejumlah fakultas di kampus tersebut. Selain itu para peserta juga diperkenalkan dengan sistem birokrasi kemahasiswaan.

Diantara fakultas yang dikunjungi adalah Institut Kajian Islam Hadari, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pengajian Islam dan Fakultas Sosial Sains dan Kemanusiaan.

Prof. Anandastuti Mukhtar sebagai Pimpinan Pusat Siwazah UKM yang menerima rombongan pelajar UIN menyampaikan rasa kagumnya akan semangat belajar pelajar Indonesia yang ikut serta dalam kegiatan pelatihan tersebut. Prof. Adarstuty berharap kegiatan ini dapat merapatkan lagi hubungan Indonesia dan Malaysia khususnya dibidang pendidikan.

“Di UKM banyak mahasiswa asal Indonesia dan mereka memiliki semangat belajar dan berorganisasi yang tinggi. Semoga dengan kegiatan ini, hubungan persahabatan dua negara akan semakin rapat lagi,” ujar Prof. Adarstuty saat menyambut rombongan mahasiswa Indonesia di UKM.

Usai kegiatan pelatihan, para mahasiswa UIN juga berkesempatan melakukan city tour ke Istana Negara Kuala Lumpur, pusat kerajinan tangan Pasar Seni, Petro Science di KLCC, pabrik coklat beryls dan ladang alam warisan Negeri Sembilan.

Yumas salah seorang pelajar PhD di UKM yang ikut serta mendampingi rombongan menyaksikan langsung kegembiraan mereka yang kagum dengan infrastruktur dan fasilitas kampus di Malaysia yang sangat lengkap.

“Selama mendampingi rombongan, khususnya ketika berkunjung ke ladang alam warisan Negeri Sembilan, saya dapat merasakan kegembiraan mereka dengan fasilitas infrastruktur yang bagus. Di Negeri Sembilan mereka juga berkesempatan belajar berkuda dan memanah secara langsung,” ungkap Yumas.

Diharapkan semua rangkaian kegiatan ini dapat membentuk karakter insan yang lebih baik untuk membangun peradaban Islam ke depan lebih berjaya. Kebersamaan selama sepekan juga berdampak pada peningkatan ukhuwah Islamiayah antar mahasiswa Indonesia yang sedang menempu pendidikan di UKM. (DW)

administratorKegiatan Atase PendidikanKerjasama Pendidikan
Bangi, Selangor – Sebanyak 60 orang mahasiswa dari Perguruan Tinggi Islam di Indonesia seperti Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, Palembang, Semarang dan IAIN Mataram mengikuti pelatihan Leadership and Enterpreneurships di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) selama sepekan (16-23 Oktober 2016). Koordinator Program Implementasi Unit (PIU) Islamic Development Bank, Dr. Zainul...