Bukittinggi, Sumatera Barat: Pemerintah Kota Bukittinggi meminta bantuan dan kerjasama Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk melakukan promosi pendidikan dan kebudayaan Sumatera Barat di Malaysia. Hal tersebut disampikan oleh Walikota Bikittinggi H. Ramlan Nurmantias, SH saat menerima kunjungan kerja Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc. di di Benteng Fort de Kock, 6 Desember 2016 lalu.

“Sangat banyak potensi lokal Bukittinggi yang dapat diperkenalkan di Malaysia, untuk itu kami berharap agar KBRI dapat membantu menfasilitasi upaya promosi ini,” Ungkap Ramlan dalam pertemuan tersebut.

Turut serta dalam rombongan KBRI Kuala Lumpur, sejumlah home staff seperti Koordinator Fungsi Pensosbud, Trigustono Supriyanto yang mewakili Duta Besar LBBP RI, Atase Tenaga Kerja, Mustafa Kamal dan Atase Perdagangan, Fajarini Punto Dewi.

Kedua pihak sepakat memfasilitasi kerjasama bidang pendidikan melalui pertukaran pelajar, sister city, pariwisata dan juga perdagangan khususnya antara pemerintah kota Bukittinggi dan Negeri Sembilan yang memang telah terjalin sejak tahun 2009.

Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi juga menyempatkan diri bertemu dengan para delegasi KBRI Kuala Lumpur untuk menjelaskan potensi daerahnya. “Bukittinggi memiliki 104 orang tenaga professional berlatar belakang pendidikan teknik, 101 akuntan, dan 244 praktisi medis, yang belum terserap. ”Seluruh SDM tersebut sangat berpotensi untuk bekerja di Malaysia,” papar Irwandi meyakinkan.

Menaggapi penjelasan Walikota dan Wakil Walikota, Atase Pendidikan dan Kebudayaan meminta agar Pemerintah Kota Bukittinggi memperhatikan kwalitas SDM pelajar yang akan dikirim ke Malaysia, terutama penguasaan bahasa Inggris yang baik supaya dapat bersaing dengan SDM yang tersedia di Malaysia. (PTW)

administratorKegiatan Atase Pendidikan
Bukittinggi, Sumatera Barat: Pemerintah Kota Bukittinggi meminta bantuan dan kerjasama Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk melakukan promosi pendidikan dan kebudayaan Sumatera Barat di Malaysia. Hal tersebut disampikan oleh Walikota Bikittinggi H. Ramlan Nurmantias, SH saat menerima kunjungan kerja Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Prof. Dr. Ir. Ari...