Danu berbaju coklat saat menerima penghargaan Tokoh Pelajar di kampus UTM Skudai, Johor.

Mahasiswa asal Indonesia, Hutomo Danu yang lahir di Jakarta, 2 Oktober 1994 merupakan mahasiswa Jurusan International & Strategic Studies Universitas Malaya (UM) yang telah memenangi anugerah Pelajar Berprestasi Tingkat Nasional di Malaysia. Anugerah tersebut diumumkan oleh Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia, akhir Maret lalu di kampus Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Johor.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Ari Purbayanto  di sela-sela kegiatan mengisi materi acara “Lokakarya Peningkatan Kualitas Guru CLC” di Tawau-Sabah, menyapaikan ucapan selamat atas prestasi yang diraih Danu. “Selamat kepada Hutomo Danu atas prestasi dan penghargaan yang telah diterima. Semoga menjadi teladan bagi mahasiswa Indonesia lainnya di luar negeri,” ujar Prof. Ari Purbayanto, Jumát, 21/4/2017.

Danu merupakan mahasiswa Indonesia pertama yang pernah meraih anugerah Pelajar Asing Terbaik di Malaysia. Tahun-tahun sebelumnya selalu diterima oleh mahasiswa asal Malaysia. Untuk prestasi tersebut, Danu menerima hadiah berupa sertifikat, uang tunai, beasiswa penuh untuk program S2, sepeda motor dan piala menteri.

Rekam jejak Danu dalam kegiatan nasional dan internasional bisa dilihat dari sederet penghargaan yang diterimanya seperti penghargaan dari Presiden Korea Selatan, mengikuti delegasi Kemenlu RI ke MIKTA-G20 Summit di Korea Selatan dan pernah aktif sebagai Project Director di 3rd ASEAN Community Symposium Malaysia 2016

Dalam organisasi dan kegiatan kemahasiswaan, Danu pernah terpilih untuk pertukaran pelajar selama satu semester ke Sejong University, Korea. Di Malaysia, Danu pernah menjabat sebagai wakil ketua Persatuan Pelajar Indonesia se-Malaysia dan beberapa kali mewakili kampusnya dalam Konferensi Internasional.

Tujuan Malaysia menganugerahkan Tokoh Pelajar Malaysia ini untuk mengapreasiasi mahasiswa lokal dan internasional di Malaysia pada setiap tahunnya khususnya dalam pencapaian akademik dan non akademik selama belajar di Malaysia. (THS)

Taufiq SalengkeKebudayaanKerjasama Pendidikan
Mahasiswa asal Indonesia, Hutomo Danu yang lahir di Jakarta, 2 Oktober 1994 merupakan mahasiswa Jurusan International & Strategic Studies Universitas Malaya (UM) yang telah memenangi anugerah Pelajar Berprestasi Tingkat Nasional di Malaysia. Anugerah tersebut diumumkan oleh Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia, akhir Maret lalu di kampus Universiti Teknologi Malaysia (UTM)...