Kuala Lumpur-atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur didukung oleh Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia, kembali menyelenggarakan Lomba Pidato Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Semi final berlangsung Sabtu, 29 April 2017 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.
Lomba pidato ini merupakan yang ketiga kalinya setelah sukses diselenggarakan tahun 2015 dan tahun 2016 lalu. Lomba pidato bahasa Indonesia di luar negeri juga diadakan di 19 negara sahabat lainnya dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman akan pentingnya bahasa Indonesia sebagai wahana bekerja sama dengan bangsa Indonesia.
Adapun negara-negara tersebut adalah: Amerika Serikat, Australia, Belanda, Filipina, India, Inggris, Jepang, Jerman, Malaysia, Mesir, Myanmar, Papua Nugini, Perancis, Saudi Arabia, Singapura, Thailand, Timor-Leste, Tiongkok, Turki.
Tema lomba pidato bahasa Indonesia di luar negeri tahun 2017, telah ditetapkan melalui panduan yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu “Bahasa dan Budaya Indonesia.”
Lomba pidato Bahasa Indonesia yang diselenggarakan di Malaysia kali ini bertemakan “wonderfull Indonesia”. Kegiatan ini terbuka untuk, namun seluruh  pesertanya mahasiswa Malaysia, maupun mahasiswa asing yang sedang menuntut ilmu di Malaysia seperti India, Thailand, Ghana dan Sudan.
Semi Final Lomba Pidato Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 April 2017 bertempat di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Pendaftar berjumlah 100 orang. Peserta yang berhasil lolos seleksi berjumlah 74 orang, hingga masuk pada semi final menjadi 32 orang dengan perincian maing-masing 1 orang peserta dari India, Saudi, Sudan, dan Singapura. Perserta Malaysia cukup banyak yaitu 25 orang diikuti oleh Thailand  3 orang. Terdapat 5 orang peserta diseleksi melalui video.  Masuk ke babak final sebanyak 8 orang .
1.      Mumtaz dari IIUM
2.      Nuraini  dari UPSI
3.      Shahrul dari UM Trengganu
4.      Muhamad Eizat dari IIUM
5.      Syed Muhamad azmel dari UPSI
6.      Nurlaila binti Handa dari UPSI
7.      Nia Febri Rosmina dari MSU
8.      Fateemoh Kitae dari UPSI
Penjurian pada semifinal lomba pidato kali ini Meliputi ;  tata bahasa, isi pidato, penggunaan jeda yang tepat pada saat menyampaikan pidato, gesture/mimik/posisi dan gerak tubuh, volume suara, dan pengelolaan waktu pidato.
Untuk acara Final akan diadakan di Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Tanjung Malim pada tanggal 11 Mei 2017 mendatang (AP).
http://atdikbudkl.org/wp-content/uploads/2017/04/IMG-20170429-WA0036-1024x643.jpghttp://atdikbudkl.org/wp-content/uploads/2017/04/IMG-20170429-WA0036-300x300.jpgTaufiq SalengkeKebudayaanKegiatan Atase Pendidikan
Kuala Lumpur-atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur didukung oleh Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia, kembali menyelenggarakan Lomba Pidato Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Semi final berlangsung Sabtu, 29 April 2017 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Lomba pidato ini merupakan yang ketiga kalinya...