Wakil Duta Besar Andreano Erwin membuka acara pelatihan PKG SILN se-Malaysia di Hotel Grand Paragon Johor Bahru, 21/7/2017. Tampak Atase Atdikbud KBRI-KL Prof. Ari Purbayanto dan HOC KJRI-JB Minister Counselor Zainul Idris Yunus.

Johor Bahru–atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur rutin setiap tahun menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru (PKG) Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) se-Malaysia yang berlangsung selama tiga hari di Hotel Grand Paragon, Johor Bahru tanggal 21-23 Juli 2017.

Acara yang dibuka oleh Wakil Duta Besar RI Andreano Erwin, dihadiri oleh delapan orang nara sumber dari berbagai bidang di Kemdikbud dan Tim Seamolek. Hadir juga pada pembukaan pelatihan PKG para anggota Badan Pembina (BP) Sekolah Indonesia Kuala Lumpur serta para kepala sekolah peserta pelatihan.

Berdasarkan kehadiran, peserta pelatihan PKG Sekolah Indonesia Luar Negeri se-Malaysia sebanyak 100 orang peserta dengan perincian sebagai berikut: 35 guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), 48 orang guru dari Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), dan 17 orang guru dari Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB).

Dalam sambutan laporannya, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc., melaporkan bahwa kegiatan pelatihan PKG merupakan untuk yang ketiga kalinya sejak tahun 2015. Kegiatan ini diadakan sejalan dengan tuntutan pemerintah yang menuntut kualitas SILN sementara guru tidak di-update. “Untuk itu, Atdikbud konsisten menyelenggarakan kegiatan pembekalan bagi guru SILN se-Malaysia supaya guru-guru SILN di Malaysia memiliki kompetensi yang baik” tegasnya.

Melalui pelatihan ini, Atase Pendidikan berharap agar para guru selain mendapatkan penyegaran terhadap perkembangan ilmu dan metode baru pengajaran juga informasi kebijakan pendidikan nasional.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Duta Besar Adreano Erwin mengajak semua pihak untuk memperhatikan peran guru. “Siapapun harus menghargai dan menghormati para guru. Karena peran gurulah lahir pemimpin bangsa,” jelasnya. (THS)

EditorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
Johor Bahru–atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur rutin setiap tahun menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru (PKG) Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) se-Malaysia yang berlangsung selama tiga hari di Hotel Grand Paragon, Johor Bahru tanggal 21-23 Juli 2017. Acara yang dibuka oleh Wakil Duta Besar...