Peserta Malaysia International Open Memory.

Kuala Lumpur-atdibudkl.org: Suasana tegang dialami para peserta kejuaraan daya ingat, Malaysia Open Memory Championship pada hari sabtu, 22 Juli 2017. Di hari pertama, tim Indonesia sudah menunjukkan prestasi yang menggembirakan yakni 19 medali dari berbagai kategori berhasil diraih.

Kejuaraan yang terbagi atas 3 kategori Kids, Junior, Adult ini, mengalami persaingan yang sangat ketat di setiap cabang pertandingannya ( baca :www.ingatangajah.com/malaysia2017 ) . Dibuka dengan nomor names and faces, kontestan Jerman, Simon Reinhardt mampu mengamankan medali emas pada kategori dewasa dengan total ingatan 76 nama dalam waktu 5 menit. Sedangkan pada kategori junior, Medali Emas,Perak, dan Perunggu berhasil diamankan seluruhnya oleh peserta remaja Indonesia, berturut-turut oleh Rifda (siswi SMA Edu Global School,Bandung) dengan 43 nama, disusul Hanifah (siswi  SMA Edu Global School, Bandung) di posisi ke-2, dan Farah (siswi SMAN 1, Depok) di posisi ke-3.
Pada kategori kids, Rania, siswi SMPN 1 Tolitoli mampu meraih medali emas di cabang ini unggul 3 poin dari pesaingnya dari Malaysia dan China yang masing-masing menempati posisi ke-2 dan ke-3.
Memasuki laga ke-2 dari Malaysia open, peserta dihadapkan dengan nomor pertandingan Binary Numbers (00101…). Di nomor ini Indonesia berhasil mengamankan 1 perunggu di kategori Junior yang diraih Shafa (siswi SMP Kesatuan Bangsa, Jogjakarta) dengan perolehan angka terpaut tipis dengan India dan Malaysia yang menempati posisi pertama dan ke-2. Sementara Rania kembali mendapatkan prestasi di cabang ini dengan meraih medali perak.
Pertandingan semakin panas saat memasuki nomor kompetisi ke-3 yaitu Random Images. Meskipun belum mengamankan perolehan emas di nomor ini, Shafa dan Rifda berhasil mengamankan posisi perak dan perunggu dengan masing-masing mengingat 220 dan 218 urutan gambar acak dalam waktu 5 menit. Hasil ini terpaut tipis dengan peserta tuan rumah yang mampu mengingat 238 gambar. Kabar baik datang dari kategori kids dimana Ahmad F. Hanif (siswa SD Cerdas Mulia Bandung) mampu meraih medali perak disusul Rania dengan medali perunggu.
Hari pertama ditutup dengan pertandingan ke-7 yaitu speed numbers yang berhasil dimenangkan oleh Fathimah Aiko (siswi SMP Salman Alfarisi, Bandung) yang mampu mengingat 208 angka acak dalam waktu 5 menit, disusul oleh Shafa pada posisi ke-2. Sedangkan Rania juga mampu memenangkan medali perak di cabang ini.
Sepanjang laga ke-4 hingga akhir hari pertama kejuaraan, pertukaran posisi terjadi antara Malaysia, India, dan Indonesia, namun pada akhirnya Shafa berhasil mengukuhkan diri diposisi pertama klasemen kategori junior setelah menang telak di nomor Random Cards disusul oleh peserta remaja indonesia lainnya dengan menempatkan Rifda pada posisi ke-2 dan Hanifah di posisi ke-3.
Sedangakan di kategori kids, posisi sementara dipimpin oleh Xuanrong dari China disusul oleh peserta indonesia, Rania pada posisi ke-2 dan Jun Ming dari China di posisi ke-3.
Hingga berita ini diturunkan, Tim Indonesia berhasil mengumpulkan 5 emas, 7 perak, dan 5 perunggu.
Berikut perolehan lengkap medali dari Tim Indonesia sbb:
*Names and Faces*
Kategori Junior
Rifda (Emas), Hanifah (Perak), dan Farah (Perunggu).
Berikut perolehan lengkap medali dari Tim Indonesia sbb:
*Names and Faces*
Kategori Junior
Rifda, Emas
Hanifah, Perak
Farah, Perunggu
Kategori Kids
Rania, Emas
*Binary Numbers*
Kategori Junior
Shafa, Perunggu
Kategori Kids
Rania, Perak
*Random Images*
Kategori Junior
Shafa, Perak
Kategori Kids
Ahmad F. Hanif, Perak
Rania, Perunggu
*Random Words*
Kategori Junior
Hanifah, Emas
Rifda, Perak
Salma (siswi SMAN 1 Depok), Perunggu
Kategori Kids
Rania, Perak
Ahmad F. Hanif, Perunggu
*Speed Numbers*
Kategori Junior
Fathimah, Emas
Shafa, Perak
Kategori Kids
Rania, Perak
*Random Cards*
Kategori Junior
Shafa, Emas
*Historic and Future Dates*
Kategori Junior
Fathimah, Perak
Ketua umum Indonesia Memory Sports Council (IMSC) Yudi Lesmana berharap timnya dapat kembali menunjukkan prestasi membanggakan di hari kedua kompetisi yang masih menyisakan tiga nomor yaitu 15 min Random Numbers, Spoken Numbers, dan Speed Cards. “Selamat bertanding Tim Indonesia, Mohon doa dan dukungan selalu dr masyarakat Indonesia. Kita berharap dapat menambah perolehan medali,” tekadnya.  (AP/THS/Yudi Lesmana)
EditorKegiatan Sekolah Indonesia di MalaysiaKerjasama Pendidikan
Kuala Lumpur-atdibudkl.org: Suasana tegang dialami para peserta kejuaraan daya ingat, Malaysia Open Memory Championship pada hari sabtu, 22 Juli 2017. Di hari pertama, tim Indonesia sudah menunjukkan prestasi yang menggembirakan yakni 19 medali dari berbagai kategori berhasil diraih. Kejuaraan yang terbagi atas 3 kategori Kids, Junior, Adult ini, mengalami persaingan...