Kota Kinabalu-atdikbudkl.org: Pada tanggal 10 Agustus 2017 Atdikbud beserta 2 orang staf telah menghadiri Pembukaan Apresiasi dan Kreasi Akademik, Olahraga dan Seni (APKRES) Community Learning Centre (CLC) Jenjang SMP Tahun 2017. Kegiatan AKPRES yang dipusatkan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) mengusung tema “MERDEKA” yang merupakan singkatan dari Meraih Cita Dengan Kreasi Nyata.

Acara pembukaan APKRES diawali dengan devile setiap CLC menampilkan yel-yel kekompakan tim. Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh hadirin. Atraksi yang menarik adalah pembentangan bendera merah putih berukuran besar oleh dua orang guru CLC dengan cara bergantung di atas ruang gelanggang olahraga SIKK dan turun secara perlahan-lahan sampai bendera merah putih yang berukuran besar terbuka lebar. Persembahan dari para siswa SIKK yang tak kalah menarik adalah beat box, story telling, dan band siswa SIKK, serta tari wayang yang diiringi oleh gamelan lengkap dengan nyanyian pesinden.

Dalam penyampaian laporannya, Kepala SIKK Istiqlal menjelaskan bahwa kegiatan APKRES ini akan berlangsung selama 3 hari, 10-13 Agustus 2017. Sebanyak 645 peserta dan pendamping dari 43 CLC jenjang SMP di wilayah Sabah mengikuti kegiatan ini.

Atdikbud Prof. Ari Purbayanto dalam sambutannya menyampaikan harapan agar para siswa peserta APKRES menjaga kondisi kesehatan sehingga dapat bertanding secara prima. Perhatian dan dukungan pemerintah terhadap penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak WNI di luar negeri sangat besar, termasuk dukungan anggaran kegiatan ini, ujar Prof. Ari. Untuk itu, para siswa agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Bertanding secara sportif dengan mengedepankan silaturahmi. Atdikbud juga menyampaikan bahwa para peserta yang hadir disini adalah siswa terpilih yang mewakili masing-masing CLC. Bagi yang menang nanti harus rendah hati, dan yang belum menang harus tetap semangat dan berusaha jika menjadi pemenang di masa mendatang, pungkas Prof. Ari menutup sambutannya.

Konjen RI Kota Kinabalu, Ahmad D.H. Irfan menyampaikan jika ingin meraih cita-cita harus dimulai dari sekarang. Beliau memberikan contoh bahwa keadaan yang terbatas tidak menghalangi para siswa untuk meraih cita-cita. Selanjutnya Konjen membuka resmi kegiatan APKRES yang ditandai dengan pemukulan gong dihadapan peserta dan tamu undangan dengan disaksikan oleh para tamu VIP.

APKRES merupakan kegiatan tahunan SIKK sebagai sekolah induk bagi CLC yang bertujuan menjadi media pembinaan potensi peserta didik jenjang SMP dalam bentuk lomba, mediasi silaturahmi guru, alat evaluasi mendidik belajar dan mengajar serta seleksi untuk keikutsertaan siswa SMP CLC pada ajang Kompetisi Sains dan Seni serta Olahraga (KS2O) tahun 2017.

Perlombaan APKRES terdiri dari 4 kategori yaitu: Kesenian: menyanyi, menari, story telling dan menggambar; Olahraga: tenis meja dan bulutangkis; Pengetahuan: pidato, cerdas cermat, olimpiade matematika, olimpiade sains dan presentasi eksperimen; Keterampilan: menjahit, kriya, membatik dan tata boga.

Hadir di acara pembukaan Konjen RI Kota Kinabalu bersama jajarannya, Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Kuala Lumpur, Pelaksana Fungsi Pensosbud KRI Tawau, Atdikbud KBRI Kuala Lumpur, para Kepala Sekolah Kebangsaan Malaysia di Kota Kinabalu, perwakilan dari Jabatan Pendidikan Negeri Sabah, PDRM Sabah, para dewan juri dan undangan. [ESW] administratorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia

Kota Kinabalu-atdikbudkl.org: Pada tanggal 10 Agustus 2017 Atdikbud beserta 2 orang staf telah menghadiri Pembukaan Apresiasi dan Kreasi Akademik, Olahraga dan Seni (APKRES) Community Learning Centre (CLC) Jenjang SMP Tahun 2017. Kegiatan AKPRES yang dipusatkan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) mengusung tema “MERDEKA” yang merupakan singkatan dari Meraih...