Pekanbaru, atdikbudkl.org: Disaksikan oleh Sekretaris Kota Pekanbaru, Drs.H.Azwan, M.Si., Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau Prof.Dr. Munzir Hitami, MA. menandatangani naskah kerja sama dengan KBRI Kuala Lumpur cq. Atdikbud, Prof.Dr. Ari Purbayanto di Pekanbaru kemarin petang, 23 Agustus 2017.

Penandatangan naskah kerja sama tersebut menandai segera dimulainya kegiatan praktek pengalaman lapangan (PPL) luar negeri bagi mahasiswa Fakultas Tarbiah dan Keguruan UIN Syaraif Kasim Riau pada Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di Malaysia. Hadir dan bertindak sebagai saksi, Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Drs.H.Agustinus Suharto, M.Pd. dan Dekan FTK UIN Suska Riau, Dr.H.Mas’ud Zein, M.Pd.

Dalam sambutannya Prof. Ari menyampaikan pentingnya kerjasama ini untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan membuka wawasan berfikir mahasiswa secara global. Murid-murid yang dididik di SILN seperti SIKL telah terbiasa berfikir kritis dan memiliki wawasan yang luas. Fenomena yang berbeda akan dijumpai ketika mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) melaksanakan praktek mengajar di Sekolah Indonesian Johor Bahru dan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Sabah, dimana mayoritas muridnya lahir di Malaysia. Anak-anak tersebut terbiasa berbahasa Melayu dan sebagian dari orang tuanya bekerja di ladang sawit secara illegal. Perbedaan kondisi ini dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa sehingga selain akan lebih tangguh menghadapi berbagai kondisi siswa, juga sekaligus menguji intelektualitas mereka untuk kreatif dengan metode pengajaran yang diterapkan dan juga mampu menghadapi tantangan di lapangan.

Selain itu, pengalaman mengajar di SILN akan menjadi modal penting bagi mahasiswa setelah lulus nanti. Mereka nantinya dapat menjadi guru-guru yang ditempatkan di SILN Malaysia dan juga SILN Bangkok, Singapura, Davau Filipina ataupun Cairo dan Jeddah. Mereka juga memiliki kesempatan menjadi guru pada Community Learning Center (CLC) di wilayah Sabah dan Sarawak, Malaysia. Oleh karena itu kerjasama ini harus dijalankan sebaik-baiknya agar memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa bukan hanya dari segi keilmuan, namun juga pengalaman internasional yang hanya bisa didapat dengan belajar ke luar negeri.

Rektor UIN Suska Riau, mengucapkan terima kasih kepada Atdikbud KBRI Kuala Lumpur yang telah memberikan fasilitasi dan peluang yang sangat berharga bagi mahasiswa. Diharapkan naskah kerja sama yang telah ditanda tangani ini akan memberikan manfaat yang besar bagi universitas dalam mencetak sarjana yang memiliki skills dan kompetensi internasional sehingga mampu bersaing di tingkat global.

Sementara itu, dikesempatan yang sama Setkot Riau mewakili Pemerintah Kota menyampaikan dukungan dan apresiasinya dengan terjalinnya kerjasama pendidikan ini. Pengalaman luar negeri dari mahasiswa Riau yang didapat nantinya akan memberikan sumbangsih yang besar untuk penigkatan kualitas mutu pendidikan di Kota Pekanbaru. [ERS] administratorKegiatan Atase Pendidikan

Pekanbaru, atdikbudkl.org: Disaksikan oleh Sekretaris Kota Pekanbaru, Drs.H.Azwan, M.Si., Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau Prof.Dr. Munzir Hitami, MA. menandatangani naskah kerja sama dengan KBRI Kuala Lumpur cq. Atdikbud, Prof.Dr. Ari Purbayanto di Pekanbaru kemarin petang, 23 Agustus 2017. Penandatangan naskah kerja sama tersebut menandai segera dimulainya...