Kota Kinabalu-atdikbudkl.org: Sekolah-sekolah Indonesia (SILN) dan Community Learning Center (CLC) se-Malaysia mengikuti acara tahunan Kompetisi Sains Seni dan Olahraga (KS2O) di Negeri Sabah 8-10 September 2017. Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana membuka kegiatan KS2O ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam sambutannya Duta Besar Rusdi Kirana menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah RI atas perhatian yang luar biasa terhadap pendidikan anak-anak Indonesia di Malaysia. Sudah selayaknya kita semua bersyukur atas fasilitas sekolah SIKK yang bagus ini.

Kegiatan KS2O yang akan anak-anak ini, sangat bermanfaat untuk memacu semangat bagi anak-anak Indonesia di Malaysia. Untuk itu, Duta Besar berjanji bagi siswa pemenang KS2O juara 1-3 tingkat SMA akan diberikan beasiswa untuk lanjut di sekolah penerbangan atau teknik mekanik milik Lion Grup di Jakarta. Untuk pemenang siswa SMP juara 1-3, bersama ayah dan ibunya akan diberikan tiket gratis ke Indonesia. Pemenang 1-3 tingkat SD juga akan diberikan tiket gratis ke destinasi yang disediakan perusahaan Lion Air.

Dubes juga berbagi pengalaman hidup dan tips sukses, khususnya kepada anak-anak CLC yang orangtuanya bekerja di ladang sawit. Dengan sarana prasarana yang terbatas seharusnya semangat untuk sekolah tidak boleh sedikitpun pudar. Pastikan untuk terus berprestasi.
“Dalam berusaha, tidak boleh berputus asa, yang menentukan keberhasilan adalah diri sendiri, bukan kondisi sekolah. Anak-anak CLC kalian harus terus sekolah dan setelah lulus pendidikan yang dicita-citakan dapat berkarya dimanapun, termasuk kembali ke tanah air membangun Indonesia,” ungkap Dubes memberikan semangat.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Prof Ari Purbayanto dalam sambutannya menyampaikan, KS2O merupakan program kerja Atdikbud KBRI Kuala Lumpur dengan dukungan dana dari Kemendikbud RI melalui Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri. Untuk itu manfaatkan kesempatan ini untuk mengasah bakat dan prestasi.

“Kegiatan kompetisi ini merupakan yang ketiga kalinya, pada tahun 2015 di SIKL, pada tahun 2016 di SIJB, dan pada tahun ini di SIKK. Tahun ini olahraga bulu tangkis menjadi kegiatan tambahan yang dilombakan.

Melalui KS2O, diharapkan kedepan akan lahir orang hebat di bidang Sains, Seni dan Olahraga dari anak-anak Indonesia yang bersekolah di SILN maupun yang bersekolah di CLC,” papar Prof Ari Purbayanto, Jumat (8/9/2017) sore.
KS2O 2017 mempertandingkan 23 cabang lomba, diikuti oleh 126 peserta dengan 18 guru pendamping dari SIKL, SIKK, SIJB, CLC Sabah dan CLC di Sarawak. Selain itu, KS2O 2017 juga diikuti oleh peserta dari Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), Sekolah Indonesia Singapura (SIS), dan Sekolah Indonesia Davao (SID).

Untuk menyukseskan kegiatan ini, Atdikbud melibatkan 27 orang juri profesional. Para juri ini dipastikan akan bekerja dengan obyektif.
“Diharapkan KS2O dapat menjadi kesempatan membentuk jejaring kerja sama dan silaturahmi antar siswa dan guru. Semoga kelak para siswa SILN dan CLC se-Malaysia menjadi mutiara bangsa yang unggul dan hebat untuk memimpin Indonesia,” ungkap Prof Ari.

Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu Ahmad DH Irfan berpesan kepada semua peserta untuk menjaga kesehatan selama berkompetisi. “Berikan penampilan terbaik kalian, jaga kesehatan agar dapat tampil dengan maksimal,” pungkasnya.

Acara dibuka dengan persembahan tarian selamat datang oleh grup tari siswi SIKK dan dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir dari Kepala SIKL Drs. H. Agustinus Suharto, M.Pd., kepada Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M,.Sc., untuk selanjutnya disampaikan kepada Ketua Panitia KS2O 2017 Drs. H. Istiqlal, M.Pd.

Hadir pada acara pembukaan Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, Konsul Jenderal RI Kuching, Konsul Jenderal RI Johor Bahru, Konsul RI Tawau, Home Staff Kantor Perwakilan RI Malaysia, Tuan Abdul Wahab dari Jabatan Pendidikan Negeri Sabah, Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Koordinator Penghubung (KP) CLC Sabah, Tawau dan Sarawak, serta para guru pendamping dan siswa peserta kompetisi. (EDA, ESW)

administratorKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
Kota Kinabalu-atdikbudkl.org: Sekolah-sekolah Indonesia (SILN) dan Community Learning Center (CLC) se-Malaysia mengikuti acara tahunan Kompetisi Sains Seni dan Olahraga (KS2O) di Negeri Sabah 8-10 September 2017. Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana membuka kegiatan KS2O ditandai dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya Duta Besar Rusdi Kirana menyampaikan ucapan terima kasih...