Melaka.atdikbud.org: Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Prof. Ari Purbayanto menghadiri “the official launching of Indonesian food and cultural promotion” di Ramada Plaza Melaka, Malaysia pada hari Senin 11 September 2017.

Ramada Plaza Malaysia merupakan salah satu hotel tempat diselenggarakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) bagi siswa SMK, mahasiswa sekolah tinggi dan akademi pariwisata dari Indonesia sejak 2013.

Tahun ini Ramada Plaza Melaka menginisiasi kegiatan Prakerin tidak hanya dalam bentuk praktek kerja di hotel, namun menampilkan karya/kreasi peserta Prakerin dalam kegiatan promosi makanan dan karya seni, yang diberi judul “Indonesian Food and Cultural Promotion

“Kegiatan ini akan berlangsung 11-24 September 2017, dengan menghadirkan makanan khas Indonesia oleh chef yang didatangkan dari indonesia dan penampilan seni tarian dan musik tradisional Indonesia oleh pelajar Prakerin SMK” jelas Prof Ari dalam peresemian kegiatan Senin petang 11/09/2017.

Kegiatan ini merupakan hasil dari kolaborasi antara SMK N 3 Magelang, SMK PlUS X Magelang, STIPRAM Ambarukromo Yogyakarta, Dinas Pendidikan Kota Magelang, serta Dinas Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang yang didukung oleh chef dari Indonesia yang juga sebagai dosen STIPRAM.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memperkenalkan kuliner Indonesia di Melaka Malaysia, dan sekaligus membina hubungan kedua negara lebih erat lagi,” ungkap Atdikbud.

Lebih lanjut Atdikbud menjelaskan bahwa, Indonesia terdiri dari 6000 pulau yang dihuni oleh 300 suku bangsa memiliki kekayaan suku dan seni budaya, mulai dari tarian hingga karya seni dan beragam cita rasa masakan yang popular hingga manca negara seperti rendang, nasi goreng, dan masih banyak lagi.

Kedepan diharapkan Prakerin tidak hanya dijadikan sebagai wadah praktek kerja bagi pelajar namun lebih luas lagi dapat dijadikan sebagai wadah promosi budaya dan pariwisata Indonesia. Kantor Perwakilan RI di Malaysia akan terus memberikan dukungan bagi kegiatan ini.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan acara; YBHG Datuk Ghazali Muhammad dari Kementerian Pelancongan Melaka, Kojen Johor Bahru Haris Nugroho, wakil dari Dinas Pendidikan Kota Magelang, General Manager Ramada Hotel Melaka Edouard Reizian.

Konjen RI Johor Bahru dalam sambutannya menyampaikan bahwa negara Indonesia sangat luas dengan jumlah penduduk yang banyak dan budaya serta masakan yang beragam, sehingga kegiatan ini sangat diapresiasi dalam memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Malaysia. Ini akan semakin mempererat rasa persaudaraan sebagai negara serumpun. [ESW, EDA]

administratorKegiatan Atase Pendidikan
Melaka.atdikbud.org: Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Prof. Ari Purbayanto menghadiri 'the official launching of Indonesian food and cultural promotion' di Ramada Plaza Melaka, Malaysia pada hari Senin 11 September 2017. Ramada Plaza Malaysia merupakan salah satu hotel tempat diselenggarakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) bagi siswa SMK, mahasiswa sekolah tinggi dan akademi...