Kundasang, Sabah, Atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Ari Purbayanto bersama tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengunjungi CLC Cempaka Kundasang di kawasan pegunungan Kinabalu. Tujuan kunjungan untuk meningkatkan dan memastikan pelaksanaan ujian paket kesetaraan bagi anak pekerja migran Indonesia di seluruh Community Learning Center (CLC) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) pada tahun 2018 mendatang.

Tim rombongan kunjungan ke CLC Cempaka Kundasang terdiri dari Prof. Dr. Ari Purbayanto (Atdikbud KBRI Kuala Lumpur), Eka Nugraheni Ciptawati (Kepala Bagian Kebijakan dan Evaluasi Program) Siti Marfuah (Kepala Subbagian Evaluasi, Bagian Kebijakan dan Evaluasi Program), Rekso Grahara (Kepala Subbagian Fasilitasi Atase Pendidikan dan Sekolah Indonesia) H. Istiqlal (Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu), Taufiq Hasyim Salengke (Koordinator Pendidikan Non Formal KBRI Kuala Lumpur).

Kunjungan tersebut dipusatkan di daerah Kundasang, Sabah yang berada di kaki Gunung Kinabalu dengan jarak tempuh 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat.

Berdasarkan data dari Koordinator Pendidikan Non-Formal Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), terdapat tiga CLC di daerah Kundasang yaitu CLC SD Cinta Mata yang siswanya berjumlah 235, CLC SD Cempaka berjumlah 153, dan CLC SMP Kundasang yang berjumlah 73 siswa.

Dalam sambutannya, Atdikbud KBRI Kuala Lumpur menekankan penanaman motivasi kepada guru bina dan guru lokal untuk terus bekerja dengan penuh dedikasi dalam membina generasi muda Indonesia walaupun dengan kondisi sarana dan prasarana yang terbatas. “Untuk para guru, agar senantiasa komitmen dengan tugas yang diembankan, semoga semua ini menjadi amal ibadah,” harap Prof. Ari Purbayanto.

Sementara itu, Atdikbud memotivasi para siswa untuk giat belajar dan menggantungkan cita-cita yang tinggi. “Kalau ada yang berminat menjadi pilot dan pramugari, akan dibantu oleh KBRI Kuala Lumpur untuk proses pendidikan lewat Lion Group,” jelas Prof. Ari Purbayanto lagi.

Dalam kesempatan tersebut tim dari Kemdikbud RI, Eka Nugrahini Ciptawati, Kepala Bagian Kebijakan dan Evaluasi Program, Siti Marfuah, Kepala Subbagian Evaluasi, Bagian Kebijakan dan Evaluasi Program, Rekso Grahara, Kepala Subbagian Fasilitasi Atase Pendidikan dan Sekolah Indonesia juga turut memberikan motivasi bagi guru dan siswa CLC Cempaka, Kundasang yang intinya, Pemerintah RI akan tetap berusaha melakukan perbaikan sarana dan juga meningkatkan kualitas layanan pendidikan di wilayah-wilayah pedalaman Malaysia.

Seusai pertemuan di ruang kelas CLC Cempaka, Kundasang, Atdikbud dan rombongan berkesempatan menyaksikan penampilan para siswa serta melakukan peninjauan ruang kelas dan juga fasilitas lainnya di sekitar CLC. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama guru dan siswa SMP CLC Kundasang. (THS)

administratorKegiatan Atase Pendidikan
Kundasang, Sabah, Atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Ari Purbayanto bersama tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengunjungi CLC Cempaka Kundasang di kawasan pegunungan Kinabalu. Tujuan kunjungan untuk meningkatkan dan memastikan pelaksanaan ujian paket kesetaraan bagi anak pekerja migran Indonesia di seluruh Community Learning Center (CLC) dan...