Atdikbud Prof. Ari Purbayanto dan Staf berfoto bersama HR Manager juga para siswa peserta Prakerin di Nilai Springs Hotel.

Melaka, Atdikbudkl.org: Dalam rangka menuntaskan program pemantuan praktek kerja industri (Prakerin) tahun 2017, Atdikbud Prof Ari Purbayanto bersama staf melakukan pemantauan di Nilai Springs Resort Hotel, Nilai Negeri Sembilan dan Hotel Mahkota Melaka, Malaysia. Kunjungan tersebut diterima baik oleh Human Resources Manager Nilai Springs Resort Hotel dan Mahkota Hotel (9/11/2017).

Atdikbud, dalam arahannya menyampaikan, salah satu tujuan kegiatan pemantauan adalah untuk memastikan kegiatan praktek sesuai dengan prosedur, dan meminta kepada pihak hotel dapat mengawasi dan mengarahkan pelajar untuk mematuhi prosedur pelaksanaan praktek.

“Pelajar hendaknya dapat mengambil pengalaman dari kegiatan ini, bagaimana hospitaliti di Malaysia untuk dapat dijadikan sebagai pengalaman ketika kelak memasuki dunia kerja,” jelas Atdikbud.

Puan Suzanawatie Md Toha mewakili pihak hotel menyampaikan, Nilai Springs Resort Hotel adalah hotel bintang 4, yang berlokasi sekitar berjarak 30 menit dari airport/KLIA. Kegiatan Prakerin dilaksanakan 8 jam per hari. Selama ini pelajar ditempatkan pada area service, dan sejauh ini mereka menjalankan praktek kerja dengan baik.
“Semua pelajar dapat menguasai bahasa Inggris dengan baik, dan sebagai bonus, selama praktek kerja mereka diberikan allowance sebesar RM500,” pungkas Suzana.

Peserta prakerin berjumlah 15 orang pelajar berasal dari beberapa institusi pendidikan; STIEPARI dan Sekolah Pariwisata Telkom Bandung , yang dikoordinasikan oleh Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon (UNTAG Cirebon).
Dalam sesi dialog pelajar berbagi pengalaman bahwa hotel di Malaysia memiliki promosi yang baik dan menjalin relasi dengan perusahaan penerbangan. Hal ini mungkin belum banyak diterapkan oleh hotel di Indonesia. Namun demikian pelajar masih mengeluhkan terlalu padatnya kegiatan yang diterapkan oleh pihak hotel.

Dalam kesempatan tersebut selain bertatap muka dengan pelajar, Atdikbud juga berkesempatan meninjau dormitori/penginapan pelajar yang telah disediakan oleh pihak hotel selama praktek kerja dijalankan. [EDA] EditorKegiatan Atase Pendidikan

Melaka, Atdikbudkl.org: Dalam rangka menuntaskan program pemantuan praktek kerja industri (Prakerin) tahun 2017, Atdikbud Prof Ari Purbayanto bersama staf melakukan pemantauan di Nilai Springs Resort Hotel, Nilai Negeri Sembilan dan Hotel Mahkota Melaka, Malaysia. Kunjungan tersebut diterima baik oleh Human Resources Manager Nilai Springs Resort Hotel dan Mahkota Hotel...