Kota Kinabalu-atdikbudkl.org: Pertemuan Dubes RI Kuala Lumpur Rusdi Kirana dengan Menlu Malaysia Dato’ Sri Anifah Aman di Kota Kinabalu Sabah kemarin siang (31/01/18) berbuah manis bagi Decy Luther siswi kelas XI SMA Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK). Decy ditahan Imigrasi Sabah sejak 21 Januari 2018 di Pusat Tahanan Sementara Menggatal Kota Kinabalu, Sabah. Ia ditahan Imigrasi karena tidak memiliki paspor dan juga ijin tinggal di Malaysia.

Dalam pertemuan dengan Menlu Malaysia di Le Meridien Hotel Kota Kinabalu, Dubes Rusdi Kirana selain mendiskusikan hal-hal terkait dengan permasalahan hubungan kedua negara, juga kasus ditahannya Decy Luther seorang siswi SIKK.

“Saya akan membantu membebaskannya dari tuntutan hukum, karena ia masih pelajar,” janji Dato’ Sri Anifah.

Selesai acara pertemuan tersebut, Dubes Rusdi mengarahkan KJRI Kota Kinabalu untuk menyiapkan paspor bagi Decy Luther. Selanjutnya Tim Konsuler KJRI Kota Kinabalu melakukan penjemputan Decy di tahanan sementara Menggatal.

Kunjungan Dubes RI Kuala Lumpur ke Kota Kinabalu dalam rangka memenuhi undangan Menlu Malaysia. Pada kunjungan dan pertemuan tersebut Dubes didampingi Konjen RI Kota Kinabalu Krishna Djaelani, Counselor Politik KBRI Kuala Lumpur Agung Cahaya Sumirat dan Atdikbud Prof. Ari Purbayanto.

Informasi ditahannya siswi SIKK tersebut diketahui Dubes saat menyambangi siswa SIKK sebelum pertemuan dengan Menlu Malaysia.
Dua orang siswa SMA menghampiri Dubes dan memohon bantuan untuk dapat segera membebaskan temannya Decy Luther dari tahanan imigrasi. [AP]

administratorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
Kota Kinabalu-atdikbudkl.org: Pertemuan Dubes RI Kuala Lumpur Rusdi Kirana dengan Menlu Malaysia Dato' Sri Anifah Aman di Kota Kinabalu Sabah kemarin siang (31/01/18) berbuah manis bagi Decy Luther siswi kelas XI SMA Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK). Decy ditahan Imigrasi Sabah sejak 21 Januari 2018 di Pusat Tahanan...