Kuala Lumpur – Atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Ari Purbayanto melakukan kunjungan silaturahmi ke The Japanese School of Kuala Lumpur dan diterima oleh Kepala Sekolah Mr. Miyatani Shinichiro yang didampingi seorang guru Ms. Fukushi Sumika. Dalam kunjungan tersebut, Atdikbud didampingi oleh Endang S. Wagiastuti (Staf), Inton T. Suprapto (Waka Kesiswaan SIKL) dan Nunik H. Wahyuni (Waka Humas SIKL).

Kunjungan tersebut merupakan upaya menjalin kerja sama dengan Sekolah Jepang untuk menjajaki program Homestay dan pertukaran budaya Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dengan sekolah di Jepang. Program ini telah berjalan beberapa tahun dengan Sekolah Australia di Brisbane dan yang terakhir pada tahun 2017 lalu melaksanakan program serupa di Sluiskil, Terneuzen, Belanda.

Atdikbud berharap, siswa Indonesia di Kuala Lumpur dapat belajar dengan siswa Sekolah Jepang di Kuala Lumpur dan juga bisa belajar langsung dengan masyarakat Jepang bila program Homestay dan pertukaran budaya bisa terwujud pada tahun 2018. “Masyarakat Jepang terkenal beretika dan pandai melestarikan budaya. Hal ini perlu kita pelajari dan tanamkan pada siswa SIKL,” ujar Atdikbud sekembalinya dari kunjungan tersebut, Jumat (2/2/2018) pagi.

Dalam kunjungan silaturahmi tersebut, Kepala Sekolah Jepang Miyatani sensei menjelaskan secara gamblang dalam Bahasa Jepang yang sesekali disisipi Bahasa Inggris terkait pendidikan moral dan karakter di Jepang dan sekolah yang dipimpinnya. “Anak-anak Jepang harus ditanamkan sejak dini tentang menjaga dan merawat alam sekitarnya, berterima kasih dan mengapresiasi anugrah kehidupan yang diperoleh dari alam, hingga menghargai sesama manusia,” jelas Miyatani sensei. Selanjutnya dilakukan diskusi kecil saling tukar informasi dalam hal pendidikan karakter.

Melalui kunjungan ini diharapkan Kepala Sekolah Jepang di Kuala Lumpur dapat membantu Sekolah Indonesia Kuala untuk memberikan informasi dan rekomendasi sekolah di Jepang untuk dijadikan Sister School dalam program Homestay dan pertukaran budaya siswa SIKL dimaksud. (ESW)

EditorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
Kuala Lumpur - Atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Ari Purbayanto melakukan kunjungan silaturahmi ke The Japanese School of Kuala Lumpur dan diterima oleh Kepala Sekolah Mr. Miyatani Shinichiro yang didampingi seorang guru Ms. Fukushi Sumika. Dalam kunjungan tersebut, Atdikbud didampingi oleh Endang S. Wagiastuti...