Jakarta – atdikbudkl.org: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) melalui Direktorat Kemahasiswaan menyediakan alokasi beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) kepada 100 anak-anak TKI di Malaysia. Hal ini disampaikan oleh Direktur Kemahasiswaan Kemristekdikti, Didin Wahidin dalam pembukaan rapat koordinasi pelaksanaan program ADik 2018 di Gedung D Kemdikbud, Senayan Jakarta Senin (19/03/18) sore.

Beasiswa ADik adalah beasiswa yang dikhususkan bagi anak-anak dari wilayah 3T (terpencil, terluar dan tertinggal) yang tujuannya untuk memberikan akses pendidikan tinggi terbaik di Indonesia. Selain itu, juga dimaksudkan untuk kebersamaan dan kebangsaan. “Tanpa adanya beasiswa ini, akan sulit bagi anak-anak dari wilayah 3T bisa diterima kuliah di perguruan tinggi papan atas melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN,” ungkap Didin.

Anak-anak TKI di Malaysia mendapat berkah karena mulai tahun ini mereka disediakan alokasi khusus yaitu ADik TKI sebanyak 100 beasiswa. Hal ini penting, karena anak-anak TKI sama halnya dengan anak-anak dari wilayah 3T yang memiliki akses terbatas, begitu juga kemampuan ekonomi serta kualitas pendidikan yang masih rendah. “Karena itu, mereka juga perlu mendapatkan perhatian,” jelas Prof. Yonny Koesmaryono, Ketua Pokja ADik.

Rapat koordinasi dihadiri oleh 68 Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota dari wilayah 3T, serta Atdikbud KBRI yang mewakili perwakilan RI di Malaysia.

Atdikbud, Prof. Ari Purbayanto menjelaskan bahwa beasiswa Afirmasi ini bagi anak-anak TKI telah dicetuskannya saat menerima Prof Yonny Koemaryono yang saat itu (Maret 2016) sebagai Wakil Rektor I IPB bersama Wakil Direktur Tingkat Persiapan Bersama IPB berkunjung ke SIKL dan SIKK untuk melakukan sosialisasi dan promosi masuk IPB. “Alhamdulillah program beasiswa ADik TKI ini akhirnya dapat diwujudkan,” ungkap Prof Ari.
Beasiswa ADik-TKI akan dijaring dari siswa yang bersekolah di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK). Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 17 April 2018, kemudian langsung akan dilakukan tes seleksi peserta di SIKL dan SIKK oleh tim dari Kemristekdikti di sekolah masing-masing. (AP)

administratorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
Jakarta - atdikbudkl.org: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) melalui Direktorat Kemahasiswaan menyediakan alokasi beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) kepada 100 anak-anak TKI di Malaysia. Hal ini disampaikan oleh Direktur Kemahasiswaan Kemristekdikti, Didin Wahidin dalam pembukaan rapat koordinasi pelaksanaan program ADik 2018 di Gedung D Kemdikbud, Senayan Jakarta...