Rombongan Atdikbud diterima oleh Kepala Sekolah Sri Bintang Utara (SBU) Malaysia, Rabu (25/4/2018) pagi.

Kuala Lumpur-atdikbudkl.org: Kompang ditabuh oleh siswa SMK Sri Bintang Utara (SBU) menyambut rombongan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof. Ari Purbayanto bersama Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Drs. H. Agustinus Suharto, M.Pd., anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Kuala Lumpur, guru dan siswa SIKL.

Program Rumah Budaya (RBI) yang salah satunya road show (pertunjukan keliling) budaya kali ini, Rabu (25/4/2018), siswa SMP dan SMA SIKL menampilkan kemampuan mereka bermain angklung dan tarian. Sementara dari pihak SBU juga menampilkan beberapa persembahan ekstra kurikuler mereka sekaligus berkesempatan belajar singkat bermain angklung yang kemudian mempraktekkan ke dalam satu buah lagu. Kemampuan siswa SBU belajar musik angklung mendapat tepukan gemuruh dari guru dan siswa SBU yang hadir dalam ruang seni musik sekolah.

Kepada pihak SBU, Prof Ari Purbayanto menegaskan bahwa KBRI Kuala Lumpur dan SIKL giat melakukan road show budaya ke seluruh Malaysia, bekerja sama dengan sekolah dan juga institusi seni budaya setempat. “Kami ingin agar generasi muda Malaysia benar-benar kenal akar budaya yang berkembang di alam Nusantara supaya tidak terjadi salah paham dalam mengembangkan seni budaya masing-masing,” harap Atdikbud.

Kepala Sekolah SMK SBU Kuala Lumpur Puan Sapura dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat gembira dengan kedatangan rombongan Atdikbud KBRI, Kepala Sekolah dan siswa SIKL ke SBU.

Diharapkan dengan kunjungan ini, terjalin hubungan erat dalam bidang seni budaya Indonesia-Malaysia. Dan kedepan SBU dan SIKL akan mengupayakan kerja sama resmi di bawah naungan MoU seni budaya khususnya kolaborasi pelatihan gamelan dan angklung.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Drs. H. Agustinus Suharto, M.Pd., dalam sambutannya mengajak pihak SBU lebih mengintesifkan kerja sama budaya antara SIKL dan SBU supaya generasi muda kedua negara dapat memahami dan menghayati nilai budaya bangsa.

Pada acara pertemuan, turut dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Atdikbud Prof Ari Purbayanto dengan Kepala Sekolah SBU Puan Hjh. Sapura. Dalam MoU tersebut, SIKL berperan di bidang seni budaya, sementara SBU menularkan konsep penguasaan Bahasa Inggris.

Acara road show diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Atdikbud dan SIKL kepada SBU dan juga sebaliknya. Acara berlangsung meriah serta penuh keakraban. (THS/ESW/EF)

Foto bersama rombongan Atdikbud dan pihak Sekolah Sri Bintang Utara (SBU) Malaysia dalam acara Program Rumah Budaya Indonesia (RBI).

EditorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di MalaysiaKerjasama Kebudayaan
Kuala Lumpur-atdikbudkl.org: Kompang ditabuh oleh siswa SMK Sri Bintang Utara (SBU) menyambut rombongan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof. Ari Purbayanto bersama Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Drs. H. Agustinus Suharto, M.Pd., anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Kuala Lumpur, guru dan siswa SIKL. Program Rumah Budaya...