Alorsetar, Kedah – atdikbudkl.org: Sebanyak 10 finalis, masing-masing 5 peserta unjuk kepiawaian dalam final lomba pidato dan bercerita Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) pagi hingga sore tadi, Minggu 6 Mei 2018 di Kampus Universiti Utara Malaysia (UUM) Alor Setar, Kedah, Malaysia.

Nurfarhana binti Mazlan mahasiswi UUM diputuskan oleh dewan juri sebagai juara pertama lomba pidato BIPA 2018. Juara kedua dan ketiga masing-masing adalah Addina binti Zamil dan Aubaidillah Doloh keduanya mahasiswa Universiti Islam Antarbangsa Malaysia (UIAM).

Sementara itu untuk lomba bercerita bahasa Indonesia, juara pertama diraih oleh Shakif bin Suhaimi (UIAM), serta Nuramelynn Izati binti Hisham (UTM) dan Syed Muh Azmel bin Syed Mahmud (UPSI) sebagai juara kedua dan ketiga.

Acara final lomba yang dihelat di Dewan A, Pusat Konvesyen, UUM Sintok, Kedah Darul Aman dibuka oleh Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Prof. Ari Purbayanto.

Dalam sambutannya, Atdikbud menyampaikan bahwa lomba pidato dan bercerita BIPA merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan oleh seluruh Atdikbud dan Rumah Budaya Indonesia (RBI) di 18 negara akreditasi. Pemenang Lomba (juara pertama) akan mendapatkan hadiah tiket penerbangan ke Jakarta pp. untuk mengikuti upacara peringatan hari Kemerdekaan RI di istana negara dan kunjungan wisata budaya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat Malaysia dan dunia dapat memahami dan mengapresiasi lebih baik terhadap bahasa dan budaya Indonesia,” ungkap Prof. Ari.

Dr. Dino Khairi Shariffuddin, pengarah Hal Ehwal Pelajar yang mewakili Naib Chancellor UUM dalam sambutannya menyampaikan bahwa walaupun ada beberapa perbedaan antara bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia, namun budaya termasuk bahasa kedua negara dapat diterima dan difahami oleh masyarakat kedua negara.

Selanjutnya ia mengucapkan terima kasih atas kehadiran KBRI Kuala Lumpur, Konsulat Jenderal RI Penang dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur yang berperan penting untuk membangun hubungan antara Indonesia dan Malaysia.

Acara final lomba pidato dan berceritera BIPA dimeriahkan dengan penampilan tarian dan nyanyian yang diiringi musik angklung dari siswa dan guru SIKL yang tergabung dalam RBI KBRI Kuala Lumpur serta PPI UUM.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Koordinator Fungsi Pensosbud, KBRI Kuala Lumpur, Agus Badrul Jamal; Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Penang; Prof. Madya Syafi’i Anwar Dosen UUM; Kepala SIKL Agustinus Suharto; para guru dan siswa SIKL; dan lebih dari 100 penonton mahasiswa Indonesia, Malaysia dan asing di UUM. [ESW].

administratorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
Alorsetar, Kedah - atdikbudkl.org: Sebanyak 10 finalis, masing-masing 5 peserta unjuk kepiawaian dalam final lomba pidato dan bercerita Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) pagi hingga sore tadi, Minggu 6 Mei 2018 di Kampus Universiti Utara Malaysia (UUM) Alor Setar, Kedah, Malaysia. Nurfarhana binti Mazlan mahasiswi UUM diputuskan oleh dewan...