Kota Kinabalu-atdikbudkl.org: Pelatihan peningkatan kompetensi guru SILN di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) kembali digelar. Pelatihan yang telah memasuki tahun ke-4 ini diselenggarakan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kuala Lumpur. Tujuannya untuk melaksanakan salah satu tugas pokok dan fungsi Atdikbud dalam membina sekolah Indonesia dan CLC di Malaysia.

“Saya mengharapkan agar pada akhir pelatihan ini, guru-guru dapat termotivasi dalam meningkatkan kompetensi mendidik anak-anak Indonesia di SIKK,” ungkap Atdikbud dalam sambutan pembukaannya, 18 Mei 2018 semalam.

Format pelatihan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena keterbatasan anggaran. Penyelenggaraan pelatihan dalam format in-house training di masing-masing sekolah sehingga lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah (SILN) dalam peningkatan mutu pendidikan.

Seusai acara pembukaan, Atdikbud menyampaikan materi tentang kebijakan pendidikan Indonesia di Malaysia yang bertema “Penguatan Pendidikan Karakter dan Gerakan Literasi Nasional.” Para peserta sangat antusias mengikuti penjelasan Atdikbud yang dilanjutkan dengan tanya jawab.

Dalam laporannya Kepala SIKK H. Istiqlal, S.Pd., MM., menyampaikan peserta pelatihan terdiri dari guru SIKK sebanyak 62 orang. Pelatihan dilakasanakan pada 18-20 Mei 2018 di SIKK. “Pelatihan terhadap 62 ini diharapkan akan dapat memberikan bimbingan kepada sekitar 500 orang guru Community Learning Center (CLC), karena SIKK sebagai sekolah induk bagi CLC,” ungkap Kepala Sekolah.

Narasumber yang diundang hadir memberikan pelatihan adalah Dr. Dwi Ilham Raharjo, M.Pd. Widyaswara LPMP Jawa Timur dan Nanang Hidayat, M.Pd., Juara Nasional Guru Berprestasi dan Kepala Sekolah Berprestasi dari SD Bintoro 04, Kec. Patrang, Jember, Jawa Timur. [ESW]

EditorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
Kota Kinabalu-atdikbudkl.org: Pelatihan peningkatan kompetensi guru SILN di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) kembali digelar. Pelatihan yang telah memasuki tahun ke-4 ini diselenggarakan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kuala Lumpur. Tujuannya untuk melaksanakan salah satu tugas pokok dan fungsi Atdikbud dalam membina sekolah Indonesia dan CLC di...