Melaka-atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur secara rutin menyelenggarakan acara Inhouse Training bagi guru Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Pada tahun ini berlangsung di Melaka selama dua hari, 30-31 Mei 2018 yang diikuti oleh para guru dari Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB), dan Sekolah Indonesia Klang Selangor (SIKS).

Acara dihadiri oleh Atdikbud Prof. Dr. Ari Purbayanto, Koordinator Fungsi Pensosbud KJRI Johor Bahru Anang Firdaus, Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Drs. H. Agustinus Suharto, M.Pd dan tiga orang pemateri dari Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Kepala SIKL H. Agustinus Suharto selaku ketua panitia melaporkan bahwa acara tahun ini khusus untuk meningkatkan kemampuan guru menulis dan menghasilkan buku terbitan.

Adapun para nara sumber, Ibu Yulismar, M.Ed., Ibu Nurbadriyah, dan Bpk. Tri Goesema Putra dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) diundang khusus untuk berbagi ilmu dan pengalaman menulis kepada guru SILN terkait program Sagusaku (Satu Guru Satu Buku) sesuai motto: Sharing and Growing Together.

Atdikbud Profesor Ari Purbayanto dalam pidato peresmian acara IHT mengatakan bahwa dirinya ingin agar guru-guru memiliki semangat menulis dan bisa menghasilkan output berupa tulisan yang dibukukan karena akan dirujuk oleh masyarakat di masa mendatang.

Lebih lanjut Atdikbud menyampaikan bahwa guru bukan saja mentransfer ilmu tetapi juga dapat meninggalkan rekam jejak berupa buku terbitan. “Hendaknya guru menghasilkan tulisan yang berbobot dan enak dibaca baik itu buku bacaan maupun buku paket,” ujar Atdikbud yang memberi jaminan akan mendukung terbitan dan segala biaya yang diperlukan.(THS-EF-EDA)

EditorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
Melaka-atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur secara rutin menyelenggarakan acara Inhouse Training bagi guru Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Pada tahun ini berlangsung di Melaka selama dua hari, 30-31 Mei 2018 yang diikuti oleh para guru dari Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB), dan...