Kuala Lumpur – atdikbudkl.org: Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Prof. Ari Purbayanto memberikan apresiasi kepada 123 anak Indonesia yang diterima di sejumlah perguran tinggi negeri di Indonesia. Ratusan anak tersebut lulus dengan jalur seleksi program beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADiK) 2018.

“Angka kelulusan mereka diluar perkiraan saya, dan ini capaian yang sangat hebat khususnya untuk anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI), dimana program ini kami rintis pada 2016 silam. Saya sangat berterima kasih atas dukungan Kemristekdikti dan juga Debes RI untuk Malaysia,” ungkap Prof. Ari dengan penuh suka cita.

Menurut Atdikbud, anak Indonesia yang lulus perguruan tinggi negeri dengan jalur beasiswa ADik berasal dari 4 kelompok sekolah diantaranya, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Sabah, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Community Learning Center (CLC) dan lulusan paket C di Sabah yang merupakan anak-anak TKI.

“Khusus beasiswa ADik untuk anak-anak TKI, setelah disetujui Ditjen Belmawa baru 2018 ini dapat dilaksanakan. Jumlah anak TKI yang ikut program beasiswa ini tercatat 178 peserta. Alhamdulillah diantara anak-anak TKI akhirnya dapat lanjut kuliah dengan beasiswa ADik di PTN top Indonesia, UI, UGM, ITB,… dll.,” tambah Prof Ari.

Prof. Ari menjelaskan, selain faktor guru, kelulusan anak-anak di perguruan tinggi negeri adalah murni kemampuan dan prestasi akademis serta motivasi mereka yang sangat kuat. Potensi dan kecerdasan anak-anak TKI meskipun belajar di CLC terus berkembang. Khususnya anak-anak TKI, saya melihat daya juang mereka menjadi motivasi kuat dari keinginan mereka untuk merubah masa depan yang lebih baik lagi.

“Kami terus berupaya yang terbaik untuk memberikan fasilitas pendidikan bagi anak-anak Indonesia di Malaysia. Kedepan kami sedang berupaya untuk mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga boarding school di Entikong perbatasan Indonesia-Malaysia. Berharap dengan kualitas pendidikan yang baik, anak-anak TKI memiliki akan kehidupan yang lebih baik di masa depan,” tutup Atdikbud. [DA] EditorBeasiswaKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia

Kuala Lumpur – atdikbudkl.org: Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Prof. Ari Purbayanto memberikan apresiasi kepada 123 anak Indonesia yang diterima di sejumlah perguran tinggi negeri di Indonesia. Ratusan anak tersebut lulus dengan jalur seleksi program beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADiK) 2018. “Angka kelulusan mereka diluar perkiraan saya, dan ini capaian yang...