Miri, Sarawak – atdikbudkl.org: Sebanyak 50 guru pamong WNI yang direkrut oleh perusahaan perkebunan sawit di Sarawak untuk mengajar anak-anak Indonesia di 40 Community Learning Center (CLC) mengikuti pelatihan peningkatan mutu dan kompetensi mengajar. Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Atdikbud KBRI Kuala Lumpur bekerjasama dengan Konsulat Jenderal RI Kuching dihelat di Sarawak Oil Palms Academy training center Lambir, Miri [20-22/07/18].

Saat pembukaan pelatihan pada Jumat petang kemarin [20/07/18], Atdikbud Prof. Ari Purbayanto menyampaikan apresiasinya kepada para guru CLC, peserta pelatihan yang datang dari berbagai lokasi CLC di Sarawak yang sangat jauh. “Meskipun beberapa peserta ada yang menempuh perjalanan 6-8 jam ke lokasi pelatihan, semua terlihat antusias dan tetap semangat,” ungkap Prof. Ari.

Guru pamong (bantu) CLC adalah ujung tombak pendidikan anak-anak Indonesia, dengan tugas mulia bersama guru bina dari Kemdikbud untuk mendidik anak-anak bangsa pada jenjang sekolah dasar (SD). “Karena itu para guru harus cakap dan mampu mendidik sesuai dengan kurikulum nasional, menjadi panutan siswa didik dan juga dapat mencerahkan orang tua siswa untuk terus mendorong dan mendukung anak-anaknya mau belajar,” pesan Atdikbud menutup sambutannya.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, para guru pamong yang sebagian besar lulusan SMA akan meningkat kompetensi dan keterampilan mengajarnya. Karena sebanyak 1800 anak-anak Indonesia di 40 CLC Sarawak akan diajar oleh guru-guru tersebut.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan nara sumber dan pelatih, yaitu P.F. Pensosbud KJRI Kuching Ringgi Perdini, Dr. Yaya Sutarya narasumber dari PKLN Kemdikbud, Kepala SIKL Drs. H. Agustinus Suharto, M.Pd., dan dua orang guru pelatih dari Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK).

EditorKegiatan Atase Pendidikan
Miri, Sarawak - atdikbudkl.org: Sebanyak 50 guru pamong WNI yang direkrut oleh perusahaan perkebunan sawit di Sarawak untuk mengajar anak-anak Indonesia di 40 Community Learning Center (CLC) mengikuti pelatihan peningkatan mutu dan kompetensi mengajar. Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Atdikbud KBRI Kuala Lumpur bekerjasama dengan Konsulat Jenderal RI Kuching dihelat...