Atdikbud Prof. Ari Purbayanto menyampaikan sambutan di acara RBI Melaka.

Melaka-atdibudkl.org: Rumah Budaya Indonesia (RBI) KBRI Kuala Lumpur, ikut andil mensukseskan “Food and Cultural Promotion” yang rutin setiap tahun diselenggarakan oleh Ramada Plaza Hotel, Melaka. Pada tahun ini acara berlangsung selama tiga minggu dan dibuka secara resmi pada tanggal 10 Agustus 2018. Tema promosi tahun ini difokuskan pada kesenian dan kuliner Jawa Barat “masakan bandung.”

Hadir pada acara peresmian Konjen RI Johor Bahru Harris Nugroho beserta istri, Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Prof. Ari Purbayanto beserta ibu Rochmawati Purbayanto, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan DKI Jakarta Drs. Suharno, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dr. Ahmad Hadadi, serta beberapa kepala sekolah diantaranya Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Drs. H. Agustinus Suharto, M.Pd., Kepala Sekolah SMK 33 Jakarta Yayah Nurlayah, Kepala Sekolah SMK 9 Bandung Ontahari, Kepala Sekolah SMK 15 Bandung Yani Heryani, M.Pd., Kepala Sekolah SMK 3 Bandung Euis Purnama M.Pd., dan Kepala Sekolah SMK 1 Bandung Dra. Nani Iryani. Adapun dari pihak Melaka hadir Wakil Kementerian Pelancongan Melaka Encik Zahri Suboh, Wakil Ramada Plaza Hotel Jason Bak, dan beberapa pengusaha setempat.

Acara berlangsung meriah yang diawali degan pembacaan doa, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara, Indonesia dan Malaysia. Selain siswa dari tim kesenian Sekolah Indonesia Kuala Lumpur yang memeriahkan acara tersebut, juga tampil beberapa persembahan dari SMK Jakarta dan Bandung.

Sebagai tuan rumah Jason Bak menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari Atdikbud KBRI Kuala Lumpur dan KJRI Johor Bahru. “Melalui kegiatan ini, Ramada Melaka berperan serta dalam mempererat hubungan kedua bangsa dan memperkenalkan aneka ragam makanan dan kebudayaan Indonesia kepada para pelancong di Melaka khususnya dan bagi rakyat Malaysia umumnya,” jelasnya.

Hal tersebut disambut baik oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dr. Ahmad Hadadi, yang menyampaikan bahwa daerahnya memiliki banyak SMK yg terdiri dari ribuan siswa/i. “Melalui kegiatan ini sekaligus dalam rangka mendidik siswa SMK siap kerja dan melatih kemampuan mereka agar berani tampil di luar negeri,” ungkapnya.

Senada dengan apa yang diungkapkan oleh Konjen Johor Bahru Harris Nugroho dan juga Atdikbud KBRI Prof. Ari Purbayanto bahwa kantor perwakilan RI giat melakukan promosi budaya Indonesia di Malaysia melalui proram Rumah Budaya (RBI), yaitu Roadshow Kebudayaan dan Workshop Seni Budaya bagi pelajar dan mahasiswa Malaysia sejak tahun 2015.

Mr. Jason Bak menyerahkan cinderamata kepada Prof. Ari Purbayanto.

Atdikbud berharap, acara promosi seni budaya dan makanan Indonesia di Ramada Plaza Hotel memberikan dampak yang positif terhadap promosi pariwisata kedua negara serta memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada seluruh masyarakat Malaysia. “Agar kegiatan ini tetap terus dikembangkan dimasa yang akan datang. Atdikbud. Kegiatan Prakerin juga harus menjadi perhatian agar dicarikan solusi yang terbaik supaya dapat dilaksanakan kembali setelah dihentikan izinnya oleh Jabatan Imigresen Malaysia,” ujar Prof. Ari.

“Atdikbud menyampaikan dalam waktu dekat direncanakan pertemuan untuk mengadakan musyawarah dan perbincangan melalui rapat koordinasi Prakerin dengan mengundang pihak Indonesia dan Malaysia,” imbuhnya lagi. (THS dan EDA)

EditorKebudayaanKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
Melaka-atdibudkl.org: Rumah Budaya Indonesia (RBI) KBRI Kuala Lumpur, ikut andil mensukseskan “Food and Cultural Promotion” yang rutin setiap tahun diselenggarakan oleh Ramada Plaza Hotel, Melaka. Pada tahun ini acara berlangsung selama tiga minggu dan dibuka secara resmi pada tanggal 10 Agustus 2018. Tema promosi tahun ini difokuskan pada kesenian...