Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana sedang meninjau bumi perkemahan JAIM ZORA2.

Bintulu, Sarawak, atdikbudkl.org: Duta Besar (Dubes) RI untuk Malaysia Rusdi Kirana bersama Konjen RI dan Konsul RI se-Malaysia serta sejumlah diplomat menghadiri pembukaan Jambore Anak-anak Indonesia di Malaysia Zona Sarawak atau disingkat JAIM-ZORA2. Jambore pramuka tingkat Siaga selama tiga hari ini (25-27/08/18) dilaksanakan di lapangan Ladang Lavang, Sime Darby, Bintulu, yang terletak berdekatan dengan CLC Ladang Lavang.

Kegiatan JAIM-ZORA yang berslogan “Asyik, riang, gembira” diikuti oleh lebih dari 260 anak-anak Sekolah Dasar (SD) dari 16 Community Learning Center (CLC), 50 orang guru pamong dan 23 orang guru bina Kemdikbud serta sejumlah peserta undangan, termasuk sebanyak 40 mahasiswa dari Indonesia yang tergabung dalam Volunteerism Teaching Indonesia Children (VTIC).

Atraksi peserta JAIM-ZORA

Acara pembukaan JAIM-ZORA dilaksanakan dalam upacara pramuka hari Sabtu (27/08/18) pukul 16:00 dikomandani oleh seorang siswa perempuan, dengan pembina upacara Dubes Rusdi Kirana yang berdiri di panggung kehormatan bersama para tamu termasuk General Manager Sime Darby Plantation wilayah Sarawak Andrew Cheng Mui Fah. Upacara berlangsung khidmat dan Dubes Rusdi Kirana membuka secara resmi kegiatan jambore JAIM-ZORA2 ditandai dengan penancapan kapak pada sepotong kayu yang telah disiapkan di depan panggung kehormatan.

Dalam kesempatan tersebut, Atdikbud KBRI Kuala Lumpur menyatakan bahwa, kegiatan Pramuka menjadi bagian penting pembinaan karakter siswa dan semangat nasionalisme anak Indonesia khususnya di luar negeri. “Meskipun mereka lahir dan besar di Malaysia. Mereka harus terus mencintai Indonesia sebagai tanah airnya. Dan ini menjadi bagian tugas penting kami sebagai Atdikbud,” ujar Prof Ari yang juga sebagai ketua harian Mabigus di Gudep KBRI Kuala Lumpur.

Atdikbud KBRI Prof. Dr. Ari Purbayanto sedang memberikan pengarahan kepada para Pembina Pramuka di Sarawak.

Atdikbud memberikan dukungan penyelenggaraan JAIM ZORA2, sebagai bagian dari upaya Atdikbud untuk pembinaan mental dan karakter anak-anak Indonesia. Diharapkan kegiatan kemah di alam terbuka dapat menguatkan jiwa nasionalisme dan karakter Pancasila anak Indonesia di Malaysia.

Kegiatan Jambore semakin meriah ketika seluruh jajaran Mabigus ikut serta berjoget bersama ratusan peserta. [DA] EditorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia

Bintulu, Sarawak, atdikbudkl.org: Duta Besar (Dubes) RI untuk Malaysia Rusdi Kirana bersama Konjen RI dan Konsul RI se-Malaysia serta sejumlah diplomat menghadiri pembukaan Jambore Anak-anak Indonesia di Malaysia Zona Sarawak atau disingkat JAIM-ZORA2. Jambore pramuka tingkat Siaga selama tiga hari ini (25-27/08/18) dilaksanakan di lapangan Ladang Lavang, Sime Darby,...