Singapura-atdikbudkl.org: Dalam rangka pemantapan pendirian SMK Kota Kinabalu Sabah, Atdikbud KBRI KL Prof. Dr. Ari Purbayanto berkunjung ke kampus Nanyang Politechnic International (NYPi) Singapore, Senin (22/10/2018).

Tujuan kunjungan tersebut untuk menjajaki peluang kerjasama dan mempelajari sistem pendidikan di NYPi Singapore. Sebelum berkunjung ke NYPi Atdikbud dan rombongan menyempatkan diri datang ke KBRI Singapura untuk berdiskusi dengan Atidkbud dan Wakil Duta Besar KBRI Singapura dan juga berkunjungan ke Sekolah Indonesia Singapura (SIS).

Ikutserta mendampingi dalam kunjungan ke NYPi, Atdikbud KBRI Singapura, Veronica Enda Wulandari, Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Agustinus Suharto, Kepala Sekolah Indonesia Singapura (SIS) Sumardiyanto, staf Atdikbud dan guru-guru SIS.

Kedatangan Atdikbud dan rombongan diterima dan disambut oleh Direktur TVET Development Institute (TDI) Mr. Lim Choon Guan, Direktur Kerjasama Internasional Ms Ester Bay dan Chief Executive Officer (CEO) NYPi Dr. Henry Heng.

Pada sesi dialog dengan pihak NYPi, Prof. Ari menjelaskan misi kedatangan untuk menindaklanjuti arahan Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana dalam rangka mengembangkan kurikulum sekolah vokasional untuk anak-anak pekerja migran Indonesia yang akan dibangun di Kota Kinabalu Sabah.

Menjawab hal itu, Mr. Lim menjelaskan bahwa dalam hal kerjasama NYPi banyak menerima pesanan dari industri bagi pengembagan teknologi inovasi untuk menghasilkan suatu produk sebelum diproduksi secara massal oleh perusahaan.

Pada kesempatan yang sama Prof. Ari Purbayanto menawarkan kepada NYPi untuk selanjutnya melakukan penandatangan naskah kerjasama di bidang pendidikan dan kolaborasi riset dan training dengan SMK di Kota Kinabalu Malaysia.

Sementara itu, CEO NYPi Dr. Henry Heng mengapresiasi dan menyambut baik tawaran tersebut. Henry menawarkan agar guru yang mengajar di SMK dapat dilatih di NYPi.

Merespon tawaran baik tersebut, Prof.Ari menyatakan KBRI Kuala Lumpur akan segera melakukan koordinasi dan melakukan langkah-langkah kongkrit untuk mewujudkan kerjasama tersebut. (EF)

EditorKegiatan Atase PendidikanKerjasama Pendidikan
Singapura-atdikbudkl.org: Dalam rangka pemantapan pendirian SMK Kota Kinabalu Sabah, Atdikbud KBRI KL Prof. Dr. Ari Purbayanto berkunjung ke kampus Nanyang Politechnic International (NYPi) Singapore, Senin (22/10/2018). Tujuan kunjungan tersebut untuk menjajaki peluang kerjasama dan mempelajari sistem pendidikan di NYPi Singapore. Sebelum berkunjung ke NYPi Atdikbud dan rombongan menyempatkan diri datang...