Atdikbud KBRI-KL Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc., memberikan pembekalan kepada para guru CLC Tahap 9 di Sabah.

Kota Kinabalu-atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc., melakukan pembinaan terhadap 95 guru tahap 9 di ruang pertemuan Hotel Grand Borneo, Kota Kinabalu, Sabah pada 21-23 Juli 2018.

Acara dibuka oleh Konjen RI Kota Kinabalu yang diwakili oleh Cahyono Rustam, Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Kota Kinabalu. Selain Atdikbud KBRI Kuala Lumpur, nara sumber terdiri dari Kasubdit Perencanaan dan Pengedalian Kebutuhan Guru, Direktorat Pembinaan Guru Dikdas, Kemdikbud RI, P.F. Pensosbud dari KJRI Kota Kinabalu, KJRI Kuching dan KRI Tawau, para Koordinator Penghubung CLC di Malaysia, Perwakilan dari Jabatan Pendidikan Negeri Sabah, Jabatan Imigrasi Sabah, Polis Diraja Malaysia dan nara sumber dari Net Edu.

Kepada para guru tahap 9, Atdikbud berharap agar guru-guru bisa lebih profesional selama waktu penugasan serta berusaha menghasilkan tulisan yang dipublikasikan sebagai salah satu catatan hidup selama bertugas. Guru-guru juga diharapkan menguasai kompetensi pedagogik. Sebagai guru dikdas, harus bisa mengajar semua mata pelajaran dan menyajikan materi secara menyenangkan.

“Guru hendaknya menjadi panutan bagi siswa didik dan masyarakat serta mematuhi aturan setempat. Ia pun harus meneruskan program/kegiatan yang telah dirintis oleh para guru pendahulu seperti mencarikan donasi/beasiswa untuk pendidikan lanjut anak-anak,” papar Atdikbud.

Selanjutnya ditekankan pentingnya menguasai penulisan dan memiliki publikasi dengan menulis hal-hal yang sederhana, seperti pengalaman selama mengikuti pembinaan dan lain sebagainya. “Guru harus senantiasa memberikan motivasi kepada siswa secara berkesinambungan dan mengajarkan logika berpikir “think out of the box.” (ESW)

EditorKegiatan Atase Pendidikan
Kota Kinabalu-atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc., melakukan pembinaan terhadap 95 guru tahap 9 di ruang pertemuan Hotel Grand Borneo, Kota Kinabalu, Sabah pada 21-23 Juli 2018. Acara dibuka oleh Konjen RI Kota Kinabalu yang diwakili oleh Cahyono Rustam, Pelaksana Fungsi Pensosbud...