Kuala Lumpur – atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur pada Jum’at pekan lalu, menyelenggarakan salah satu program tahunan Rumah Budaya Indonesia (RBI) di kampus Management and Sciences University (MSU) Shaha Alam, Selangor (30/12/2018).

Kegiatan RBI dan bentuk Festival Malam Budaya Nusantara 2018 sukses dilaksanakan berkat kerja sama antara Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya (Pensosbud), Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan juga Persatuan Pelajar Indonesia (PPI-MSU).

Acara tersebut dihadiri oleh Duta Besar RI Rusdi Kirana, Wakil Duta Besar Krishna KU Hannan, Presiden MSU Prof Tan Sri Dato’ Wira Dr. Mohd Shukri AB Yajid, Atase pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc., Koordinator Fungsi Penerangan Minister Counsellor Agung Cahaya Sumirat, Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Drs. H. Agustinus Suharto, M.Pd, Direktur Kebijakan dan Penelitian Jabatan Kebudayaan dan Kesenian Negara (JKKN) Malaysia Tuan Salehuddin, para diplomat Indonesia, civitas kampus MSU dan ratusan mahasiswa Indonesia di Malaysia.

Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc., dalam sambutannya menyatakan bahwa terlaksananya Festival Malam Budaya Nusantara di lingkungan kampus MSU menjadi bukti kuatnya komitmen bersama kedua negara dalam merekatkan hubungan persahabatan kedua negara.
“Melalui program RBI, KBRI Kuala Lumpur giat melakukan road show budaya ke seluruh Malaysia dan juga pelaksanaan Workshop Seni Budaya Indonesia kepada para pelajar sekolah dan perguruan tinggi,” jelas Atdikbud.

Sementara itu, saat meresmikan acara, Duta Besar RI untuk Kerajaan Malaysia Rusdi Kirana menyatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi komitmen MSU dalam menjaga hubungan persahabatan Indonesia-Malaysia. “Kita berharap ini dapat berlangsung terus, khususnya dalam bidang seni dan budaya,” harap Duta Besar.

Merespon hal tersebut, Presiden MSU, Prof Tan Sri Dato’ Wira Dr. Mohd Shukri AB Yajid mengaku senang sekali kampusnya dipilih sebagai tempat penyelenggaraan acara Festival Malam Budaya Nusantara oleh kedutaan Indonesia. “Dalam hal ini, saya mendukung niat baik kedutaan dan saya sediakan Gedung serta segala perlengkapannya secara gratis,” ujar Presiden MSU.

Acara yang berlangsung meriah ini dipandu oleh Hans guru Sekolah Indonesia Kota Kinabalu dan Farissa mahasiswi Indonesia Universitas Putra Malaysia. Adapun persembahan pada malam itu menampilkan beberapa persembahan kolaborasi gamelan dan angklung Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, persembahan tim ISI Yogyakarta, Sekolah Permata Seni Negara Selangor dan ditutup dengan penampilan kolaborasi antara Band Atdikbud, tari dan fashion show siswa SIKL. (THS)

EditorKegiatan Atase Pendidikan
Kuala Lumpur – atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur pada Jum’at pekan lalu, menyelenggarakan salah satu program tahunan Rumah Budaya Indonesia (RBI) di kampus Management and Sciences University (MSU) Shaha Alam, Selangor (30/12/2018). Kegiatan RBI dan bentuk Festival Malam Budaya Nusantara 2018 sukses...