Kota Kinabalu – atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Mokhammad Farid Maruf mendampingi Duta Besar RI Rusdi Kirana untuk misi sosialisasi program repatriasi siswa Community Learning Center (CLC) di wilayah Sabah dan Sarawak, Senin (14/1/2019).

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Kota Kinabalu, Cahyono, Kepala Sekolah Kota Kinabalu, H. Istiqlal, dan koordinator penghubung CLC, Dadang Hermawan, serta sedikitnya 104 orang guru dari 91 CLC di wilayah Sabah.

Atdikbud dalam sambutannya menegaskan akan terus menginovasi program kegiatan yang telah berjalan dengan baik untuk peningkatan mutu dan kualitas pendidikan anak-anak CLC di Malaysia. Mereka harus berketerampilan dan berdaya saing di pasar global sehingga kelak anak pekerja Mingran Indonesia (PMI) tersebut bisa lebih baik dari orang tua mereka,” harap Atdikbud.

Dalam kesempatan yang sama, Atdikbud menyampaikan tekat mempelajari regulasi yang ada untuk meningkatkan fasilitasi dan kesejahteraan guru-guru CLC. “Guru pamong CLC yang melanjutkan pendidikan S1 bidang pendidikan di Universitas Terbuka akan diupayakan mendapatkan bantuan beasiswa dari berbagai pihak, sehingga guru2 tersebut diharapkan mampu mengajar secara profesional,” tegasnya.

Terkait program repratiasi anak-anak CLC, Atdikbud merencanakan untuk mengundang pemangku kepentingan di Indonesia dan Kemendikbud untuk duduk bersama membahas kebijakan sistem zonasi, sehingga anak-anak tersebut dapat diterima disekolah-sekolah Indonesia di wilayah perbatasan

Sementara itu, Koordinator penghubung CLC Dadang Hermawan yang saat itu turut mendampingi Atdikbud, menyampaikan bahwa sampai saat ini sudah sekitar 500 anak CLC yang di reptriatiasi melanjutkan sekolah ke Indonesia.

Acara diakhiri dengan dialog interaktif antara Atdikbud dan guru CLC seputar permasalahan teknis di lapangan terkait pengelolaan CLC. (EF)

EditorKegiatan Atase Pendidikan
Kota Kinabalu – atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Mokhammad Farid Maruf mendampingi Duta Besar RI Rusdi Kirana untuk misi sosialisasi program repatriasi siswa Community Learning Center (CLC) di wilayah Sabah dan Sarawak, Senin (14/1/2019). Hadir juga dalam kegiatan tersebut Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Kota Kinabalu, Cahyono, Kepala...