Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng.,D.Eng, (kanan) didampingi Counselor Pensosbud KBRI KL Agung C Sumirat (Dok. KBRI Kuala Lumpur)

Kuala Lumpur-atdikbudkl.org: Para cipitas kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), datang ke Kuala Lumpur untuk menyapa para alumni di Malaysia. Kegiatan tersebut berlangsung di KBRI Kuala lumpur (30/3).

Acara yang disetting “Temu Kangen” dihadiri oleh sekitar 60 Alumni UGM yang berasal dari Indonesia maupun Malaysia yang berada di Kuala Lumpur.

Tim terdiri dari Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng.,D.Eng, Rektor UGM, Sekretaris Direktorat Kemitraan, Alumni dan Urusan Internasional Dr. Puji Astuti, S.Si.,, M.Sc.,Apt., Kepala Pusat Inovasi dan Kajian Akademik UGM, Dr. Hatma Suryatmojo, S.Hut.,M.Si. dan Dr. Sulistyowati, M.Hum.,Dr. Hatma Suryatmo, S.Hut.M.Si.

Hadir pada pertemuan tersebut Bapak Agung Cahaya Sumirat, Koordinator Fungsi Pensosbud selaku tuan rumah serta Bapak Agus Badrul Jamal, Koordinator Fungsi Politik KBRI Kuala Lumpur dan beberapa anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI Kuala Lumpur alumni UGM.

Pada sambutannya, Bapak Agung Cahaya Sumirat antara lain menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menarik minat pelajar Malaysia untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia khususnya UGM dengan biaya yang tidak mmahal. Para pelajar tersebut juga tidak hanya dapat mempelajari akademik namun juga sekaligus budaya setempat.
 
Bapak Agung Cahaya Sumirat juga menyampaikan tawaran dari Atdikbud KBRI Kuala Lumpur kepada para mahasiswa UGM untuk melakukan KKN yaitu mengajar serta memberi motivasi kepada para siswa Community Learning Centre (CLC) yang tersebar di ladang-ladang kelapa sawit di Sabah dan Sarawak. Selain itu, Bapak Agung Cahaya Sumirat juga meyampaikan beberapa kegiatan kerjasama antara universitas dari Indonesia dan Malaysia yang sudah berjalan selama ini. Untuk itu, KBRI Kuala Lumpur bersedia mendukung kegiatan-kegiatan kerjasama antar universitas di Indonesia dan Malaysia.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari dari Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng.,D.Eng Rektor yang antara lain mengucapkan terima kasih kepada KBRI Kuala Lumpur yang telah memfasilitasi kegiatan UGM tersebut serta kesediaan para alumni untuk hadir pada kegiatan tersebut. Pada kegiatan ini, UGM juga ingin mendengarkan masukan-masukan dari para alumni serta pengalaman-pengalaman serta kendala-kendala yang dihadapi pada waktu melaksanakan tugas di lapangan. Masukan-masukan tersebut akan dijadikan pedoman untuk memperbaiki sistim perkuliahan di UGM di masa mendatang. Kegiatan UGM menyapa alumni tersebut sudah dilaksanakan setiap tahun di beberapa daerah di Indonesia seperti sumatera, sulawesi, lombok dan lain sebagainya. Prof. Ir. Panut Mulyono juga menyambut baik tawaran Atdikbud KBRI Kuala Lumpur untuk melakukan KKN di CLC di Sabah dan Sarawak dan akan segera menindaklanjuti.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan pengalaman serta beberapa masukan dari para alumni serta diskusi yang disambut dengan antusias oleh para peserta. Kegiatan dilanjutkan dengan penunjukkan pengurus untuk Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) di Malaysia. Saat ini KAGAMA telah didirikan dibeberapa negara seperti Jepang Qatar, Belanda dan Oman.

 
Tim UGM berada di Kuala Lumpur  selain mengadakan kegiatan Menyapa Alumni di Malaysia tersebut juga menghadiri kegiatan Asia-Pacific Association for International Education yang dilaksanakan di Universiti Teknologi Malaysia serta melakukan promosi pendidikan ke beberapa sekolah menengah di Kuala Lumpur.(ESW)

EditorKegiatan Atase Pendidikan
Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng.,D.Eng, (kanan) didampingi Counselor Pensosbud KBRI KL Agung C Sumirat (Dok. KBRI Kuala Lumpur) Kuala Lumpur-atdikbudkl.org: Para cipitas kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), datang ke Kuala Lumpur untuk menyapa para alumni di Malaysia. Kegiatan tersebut berlangsung di KBRI Kuala lumpur (30/3). Acara yang...