Kota Knabalu – atdikbudkl.org: Pada tanggal 23 Juni 2019 bertempat di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Mokhammad Farid Maruf Ph.D., menghadiri kegiatan Paparan Sistem Manajemen Mutu SIKK yang disampaikan oleh Arwahyu Sugito, Guru SIKK.

Hadir pada kegiatan tersebut adalah H. Istiqlal (Kepala Sekolah SIKK), Dr. Encik Abdul Hajar (Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur), Nasrullah Ali Fauzi (KP CLC Sarawak di Miri), Riki Rikmansyah KP CLC Tawau, Lucky Fathria KP CLC Sarawak di Kuching), staf Atdikbud dan beberapa guru SIKK terkait.

Paparan tersebut antara lain menyampaikan penerapan sistem manajemen mutu, manfaat potensial implementasi sistim manajemen kualitas berdasarkan standar internasional, dasar hukum dan tujuan, ruang lingkup manajemen mutu di SIKK, tujuan rapat divisi, sasaran mutu, tujuan dan waktu rapat tim manajemen, apel pagi yang dilakukan pada hari selasa dan kamis, papan kendali SMM dan publikasi. Tujuan dan waktu audit internal dan eksternal, pelatihan audit internal, monitoring kinerja divisi, rapat tinjauan manajemen.

Dalam mekanisme kegiatan belajar mengajar, guru SIKK juga diwajibkan mengisi jurnal setiap hari secara online sejak mulai hingga selesai mengajar yang antara lain terdiri dari kolom mama, tugas pokok dan fungsi, tugas tambahan, dan ultimate goal. Masing-masing kolom mempunyai bobot nilai yang berbeda-beda.

Selain itu, SIKK juga membagikan angket (questionnaire) tentang guru kepada siswa dan orangtua sebagai masukan kepada pihak sekolah yang juga dimasukkan dalam penilaian guru-guru tersebut. Penilaian tersebut akan dijadikan sebagai dasar evaluasi perpanjangan masa tugas guru.

Pada kesempatan tersebut Atdikbud meminta agar guru dalam mengajar tidak hanya mengikuti buku teks namun harus dapat mengembangkan materi yang terdapat dalam buku teks. Atdikbud juga meminta agar bobot penilaian kolom ultimate goal lebih besar karena kolom tersebut menunjukkan kreatifitas guru.

Merespon paparan tersebut, Atdikbud menyampaikan arahan dari Kemdikbud RI untuk melakukan evaluasi guru persemester. Atdikbud juga akan menjadwalkan pertemuan Tim Manajemen Mutu SIKK dan SIKL agar dapat saling memberikan masukan dan tukar menukar informasi agar Sistim Manajemen Mutu di kedua sekolah akan berjalan lebih baik lagi. (ESW)

EditorUncategorized
Kota Knabalu - atdikbudkl.org: Pada tanggal 23 Juni 2019 bertempat di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Mokhammad Farid Maruf Ph.D., menghadiri kegiatan Paparan Sistem Manajemen Mutu SIKK yang disampaikan oleh Arwahyu Sugito, Guru SIKK. Hadir pada kegiatan tersebut adalah H. Istiqlal (Kepala Sekolah SIKK), Dr. Encik...