Kuala Lumpur – Atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Mukhamad Farid maruf dan Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Encik Abdul Hajar menghadiri undangan Kementerian Pendidikan Malaysia ke acara “Program Hari Betemu Pelanggan” yang diselenggarakan oleh Sekolah Bimbingan Jalinan Kasih, di Pasar Chow Kit, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (18/7/2019. Acara tersebut dihadiri oleh orang tua dan wali murid.

Sekolah Bimbingan Jalinan Kasih merupakan sekolah khusus anak-anak terlantar yang dibangun oleh Kerajaan Malaysia dan mendapat pendanaan penuh dari Kementerian Pendidikan Malaysia. Sekolah yang menggunakan sistem kurikulum Malaysia ini tidak hanya menyelenggarakan pendidikan tingkat dasar hingga menengah, tetapi juga memberikan layanan calistung dan life skill untuk anak-anak terlantar, putus sekolah, terlibat masalah sosial serta yang tidak memiliki dokumen yang sah.

Pada umumnya para pelajar di sekolah ini adalah anak yang salah satu orang tuanya adalah Warga Negara Malaysia yang menikah dengan warga negara asing termasuk WNI yang tidak mempunyai izin tinggal yang sah dan tidak memiliki dokumen pernikahan sah, sehingga anak-anak mereka tidak bisa memiliki paspor dan izin tinggal di Malaysia.

Program acara Hari Betemu Pelanggan ini merupakan acara tahunan antara orang tua murid dengan Sekolah Bimbingan Jalinan Kasih dan pada tahun 2019 ini pihak Kementerian Pendidikan Malaysia secara khusus mengundang wakil Pemerintah Indonesia dalam hal ini adalah Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Mokhammad Farid Maruf dan Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Encik Abdul Hajar.

Pada pertemuan tersebut, pihak orang tua yang notabene berstatus WNI namun tidak memiliki izin tinggal sah di Malaysia menyampaikan permohonan bantuan kepada KBRI Kuala Lumpur untuk memberikan peluang kepada mereka memperoleh dokumen pernikahan resmi sehingga kedepannya anak-anak tersebut bisa memiliki dokumen perjalanan sah/paspor serta izin tinggal di Malaysia.

Atdikbud KBRI Kuala Lumpur dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa KBRI Kuala Lumpur membuka peluang seluas-luasnya untuk membantu bagi semua orang tua pelajar yang berstatus WNI untuk menerbitkan dan mengesahkan dokumen kewarganegaraan WNI sepanjang persyaratan terpenuhi dan sah di mata hukum Indonesia. “Jangan sungkan-sungkan, silakan datang ke KBRI Kuala Lumpur, kami akan melayani pengesahan serta permohonan dokumen WNI”, ungkap Atdikbud.

Kedepan Atdikbud KBRI Kuala Lumpur dan Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur berharap, kerjasama dengan Sekolah Bimbingan Jalinan Kasih dapat lebih menjangkau ke berbagai kegiatan terutama dalam bentuk kerjasama antar sekolah dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, yang berlokasi tidak jauh dari Sekolah Bimbingan Jalinan Kasih (EDA).

EditorUncategorized
Kuala Lumpur - Atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Mukhamad Farid maruf dan Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Encik Abdul Hajar menghadiri undangan Kementerian Pendidikan Malaysia ke acara “Program Hari Betemu Pelanggan” yang diselenggarakan oleh Sekolah Bimbingan Jalinan Kasih, di Pasar Chow Kit, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat...