600 an anak-anak lulusan CLC direpatriasi ke Indonesia untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMA. Anak-anak tersebut merupakan anak dari para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Sabah dan Sarawak serta sebagian kecil di Johor Bahru yang selama ini bersekolah di CLC-CLC. Dari 600 anak tersebut, 500 diantara memperoleh beasiswa ADEM dari Kemdikbud. Sementara sisanya mendapatkan beasiswa dari yayasan-yayasan di Indonesia. Mereka akan melanjutkan sekolah di SMA dan SMK yang tersebar di Jawa, Sumatera, Bali, NTB, dan Kalimantan.

Kemdikbud setiap tahun menyediakan beasiswa bagi anak-anak PMI yang bersedia melanjutkan pendidikan di Indonesia. Tahun ini jumlah beasiswa tersebut meningkat dari 100 beasiswa di tahun 2018 menjadi 500 beasiswa. Kemdikbud bekerja sama dengan seluruh perwakilan Indonesia di Malaysia berkomitmen untuk membuka akses pendidikan seluas-luasnya bagi anak-anak Indonesia yang berada di Malaysia.

Pemberangkatan anak-anak PMI ke Indonesia baru bisa dilaksanakan pada Kamis 1 Agustus 2019. Anak-anak PMI tersebut tidak memiliki dokumen ijin tinggal resmi di Malaysia. Pemerintah melalui perwakilan menerbitkan paspor bagi anak-anak PMI tersebut sebagai syarat utama untuk mengurus ijin tinggal khusus di Malaysia sehingga bisa kembali ke Indonesia melalui jalur resmi.

administratorUncategorized
600 an anak-anak lulusan CLC direpatriasi ke Indonesia untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMA. Anak-anak tersebut merupakan anak dari para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Sabah dan Sarawak serta sebagian kecil di Johor Bahru yang selama ini bersekolah di CLC-CLC. Dari 600 anak tersebut, 500 diantara memperoleh beasiswa ADEM...