Kuala Lumpur-Atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Dr. M. Farid Maruf menyampaikan bahwa dua orang siswa dari SMAN 1 Kedungpring, Lamongan, Jawa Timur, Indonesia telah mengharumkan nama baik negara d iajang Penemu Muda atau Young Inventors Challenge (YIC) yang dihelat di Cyberjaya-Malaysia pada pertengahan pekan lalu.

Berdasarkan press release yang disampaikan oleh Rizal Alfian dari Direktorat Pengembangan Sekolah SMA, Dikdasmen, Kemendikbud RI bahwa kedua siswa tersebut adalah Siti Nur Kholisoh dan Suprihatin dari SMAN 1 Kedungpring, Lamongan, Jawa Timur, Indonesia meraih medali emas.

Penelitian yang berasal dari eceng gondok dan tepung singkong dirancang sebagai thermal insulator atau penahan panas dalam ruangan. Temuan tersebut sesuai dengan tema yang diusung pada YIC tahun 2019, yaitu Sustainable Development Goals 12 (SDGs-12). Salah satu komponen tujuan pada SDG’s adalah memastikan pola konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab terhadap lingkungan, sosial dan budaya.

Ajang YIC 2019 diikuti oleh 446 pendaftar yang berasal dari 10 negara di Asia, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Myanmar, Vietnam, China, Timor Leste dan Indonesia. Tim Indonesia bersaing dalam 133 kelompok finalis lainnya dengan karya ilmiah yang berjudul Biofoam Engkong.

Kemendikbud telah menjalankan fungsinya dalam pembinaan dan penjaringan talenta peserta didik untuk jenjang pendidikan menengah, diharapkan telenta muda yang telah terjaring ini dapat ditindaklanjuti pada jenjang pendidikan tinggi. Sehingga pembinaan yang dikelola secara berkesinambungan dapat dipetik manfaatnya untuk negara dan bangsa Indonesia. (Atdikbud-KBRI)

EditorKerjasama Atdikbud
Kuala Lumpur-Atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Dr. M. Farid Maruf menyampaikan bahwa dua orang siswa dari SMAN 1 Kedungpring, Lamongan, Jawa Timur, Indonesia telah mengharumkan nama baik negara d iajang Penemu Muda atau Young Inventors Challenge (YIC) yang dihelat di Cyberjaya-Malaysia pada pertengahan pekan lalu. Berdasarkan press...