Jakarta-Atdikbudkl.org: Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana memberikan penghargaan berupa pembiayaan kunjungan pendidikan dan budaya kepada tim Paskibraka KBRI Kuala Lumpur kepada seluruh pelatih dan anggota pasukan Paskibraka KBRI Kuala Lumpur.

Duta Besar juga memberikan kesempatan kepada mereka mengunjungi Angkasa Training Center (ATC) dan Lion Training Center (LTC) di Balaraja Tanggerang Banten.

Kunjungan yang berlangsung dari tanggal 3 sampai 5 Oktober 2019 tersebut merupakan hadiah pribadi Duta Besar Rusdi Kirana untuk siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) yang berhasil terpilih menjadi anggota Paskibraka. Ikut serta mendampingi rombongan 2 orang guru yakni Sudirman Koto dan Inton Tyas Suprapto serta Sekpri Dubes Djadjuk Natsir dan Staf Atdikbud Erwinsyah.

Selama kegiatan kunjungan rombongan paskibraka dibawa mengunjungi ATC untuk mencoba simulator pesawat terbang Lion Air yang dibimbing oleh instruktur Capten Yos. Tes berlangsung menggunakan simulator boing 737-900ER yang terletak di kompleks fasilitasi ATC dikawasan Bandara cengkareng, Tanggerang. Capten Yos menjelaskan bahwa pelatihan di ATC telah memiliki approval standard, baik dari Pemerintah Indonesia dan Malaysia, maupun otoritas penerbangan international. Contohnya Federal Aviation Administration ( FAA/Amerika Serikat) dan Eurupean Aviation Agency (EASA/Eropa).

Pada hari kedua rombongan dibawa mengunjungi Lion Training Center (LTC) yang berlokasi di kompleks Lion City, Balaraja, Tanggerang, Banten. Rombongan diterima oleh Manajer LTC M. Sutiyadi. Dalam sambutannya disampaikan pemaparan terkait fasilitas dan program pendidikan yang ada di LTC.

Sementara itu, Erwinsyah dalam sambutannya mewakili KBRI KL dan SIKL menyampaikan bahwa Duta Besar sangat konsen dengan dunia pendidikan khusunya bagi anak-anak WNI/Pekerja Migran. Sudah ada siswa SIKL yang berprestasi dan lulys tes diberikan beasiswa pilot dan pramugari oleh Duta Besar.

Erwinsyah menambahkan berharap agar kunjungan ini dapat menjadi motivasi bagi anggota Paskibraka. “Sebagai siswa kalian harus mampu melihat peluang yang ada dan menunjukkan prestasi yang membagakan SIKL serta KBRI Kuala Lumpur,” tegasnya dan menyelipkan kata-kata “Orang-orang yang besar mempunyai mimpi dan cita-cita besar.”

Selain pendidikan pilot dan pramugari ada juga diajarkan pendidikan tataboga. Dilokasi ini para calon pramugari mendapatkan pelatihan berbagai hal seperti menghadapi keadaan darurat. Para siswa juga diberikan kesempatan mengunjungi Lion Boga yang letaknya masih di komplek LTC. Masing-masing siswa dipersilahkan untuk mencoba makanan yang dibuat. (EP)

EditorKerjasama Atdikbud
Jakarta-Atdikbudkl.org: Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana memberikan penghargaan berupa pembiayaan kunjungan pendidikan dan budaya kepada tim Paskibraka KBRI Kuala Lumpur kepada seluruh pelatih dan anggota pasukan Paskibraka KBRI Kuala Lumpur. Duta Besar juga memberikan kesempatan kepada mereka mengunjungi Angkasa Training Center (ATC) dan Lion Training Center (LTC) di...