Kota Kinabalu-Atdikbudkl.org: Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melakukan visitasi ke Kota Kinabalu dalam rangka melihat konsep layanan pendidikan formal dan non formal terhadap anak-anak Indonesia di wilayah Sabah.

Kunjungan yang berlangsung selama 2 hari, yakni tanggal 3-4 Oktober 2019 dipimpin oleh Atdikbud dan Diplomat terkait di KJRI Kota Kinabalu serta Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Dadang Hermawan, KP-CLC Nasrullah Ali Fauzi serta beberapa guru SIKK dan CLC serta staf Atdikbud KBRI Kuala Lumpur.

Adapun tim Kemendikbud RI dan Menpan masing-masing dipimpin oleh Sekjen Didik Suhardi dan Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Ibu Rini Widyantini serta pejabat lainnya seperti Dian Wahyuni, Vera Yuwantary Susilastuti , Reny Parlina, Popon Koribah, Domas Mifta Mudita, Danang Budi Setyawan.

Visitasi pertama dilakukan ke Community Learning Center (CLC) Hanim yang didirikan sejak tahun 2010 dan berada di Kota Kinabalu. Jumlah siswa CLC Hanim adalah 238 orang serta 7 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang proses belajarnya menempati sebuah Ruko di lantai 2 yang disewa atas swadaya orangtua siswa.

Visitasi selanjutnya dilakukan ke CLC Cerdas yang juga berada di Kota Kinabalu yang gedung sekolahnya cukup layak yang pembiayaan renovasinya berasal dari sumbangan pribadi Bapak Rusdi Kirana, Duta Besar RI untuk Malaysia. CLC tersebut memiliki 580 orang siswa serta 10 orang guru.

Para siswa CLC juga cukup membanggakan dengan menjadi juara pada Festival Seni yang diadakan oleh Pemerintah Malaysia selama tiga tahun berturut-turut yaitu tahun 2013, 2014 dan 2015. Pada tahun 2019, jumlah siswa CLC yang telah mendapatkan program beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) sebanyak 500 orang. Beberapa siswa CLC juga berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di Cina serta diterima di beberapa PTN Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Rini Widyantini, Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) menyampaikan bahwa tujuan dari Visitasi Tim Kelembagaan adalah untuk memperbaiki struktur kelembagaan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, karena penyelenggaraannya melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pembiayaannya menggunakan anggaran negara.

Kegiatan visitasi tersebut diakhiri dengan pertemuan tim kelembagaan dengan KJRI-KK yang diwakili oleh Bapak Cahyono Rustam, Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Kota Kinabalu bersama guru di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu. (ESW)

EditorKerjasama Atdikbud
Kota Kinabalu-Atdikbudkl.org: Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melakukan visitasi ke Kota Kinabalu dalam rangka melihat konsep layanan pendidikan formal dan non formal terhadap anak-anak Indonesia di wilayah Sabah. Kunjungan yang berlangsung selama 2 hari, yakni tanggal 3-4 Oktober 2019 dipimpin oleh Atdikbud...