Kuching-Atdikbudkl.org: Dalam rangka memperingati 25 tahun kerjasama empat negara dalam wilayah ASEAN yang terdiri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Philipina atau BIMP-EAGA diselenggarakan acara Budayaw Festival ke-23 “back to back dengan The 2nd Budayaw Festival” yang berlangsung di Kuching, Sarawak, Malaysia, tanggal 19-23 November 2019.

Budayaw Festival merupakan acara pagelaran kekayaan dan keanekaragaman budaya kawasan BIMP yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali secara bergiliran. Dalam acara tersebut, Indonesia melalui Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerja sama dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur mengirimkan delegasi pengisi acara yang terdiri dari seniman, budayawan, dan akademisi.

Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Dr. Najamuddin Ramli dan Atdikbud Mohammad Farid Maruf menampilkan 20 tim tari dari Sanggar Bougenville Pontianak.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur berpartisipasi pada event Voice Rising fo Peace and Harmony yang menampilkan 20 youth choir, Paduan Suara Mahasiswa ITB Bandung dan event Under One Sky; yang menampilkan pameran seni visual oleh 2 (dua) seniman ITB Bandung serta 30an siswa CLC Wilayah Sarawak yang menampilkan Musik Angklung pada event Narrative Earth Music.

Pada hari keempat anak-anak pekerja migran berkesempatan menampilkan persembahan kesenian angklung yang diiiringi dengan tarian kontemporer. Beberapa lagu, mulai dari lagu nasional, lagu daerah, hingga lagu terkini dibawakan dengan apik oleh anak2 CLC, meski dengan persiapan yang sempit dan terbatas. Putri Santu Bong, Sipatokaan, Cikcik Periuk, Bungong Jeumpa, Tanah Airku, dan intro Warung Pojok berhasil dibawakan oleh alunan suara dan iringan alat musik angklung.

Dalam event Voice Rising to Peace and Harmony menampilkan paduan suara dari keempat negara. Malaysia menjadi pembuka event yang disusul oleh Pilipina. Pda kesempatan ini Indonesia menampilkan persembahan oleh mahasiswa ITB Bandung. Mereka tampil dengan ragam kostum yang menunjukkan keberagaman Indonesia dengan tema “Diversity of Unity,” yang tampil memukau dan membuat penonton larut menikmati pertunjukkan hingga akhir. (EDA)

EditorKerjasama Atdikbud
Kuching-Atdikbudkl.org: Dalam rangka memperingati 25 tahun kerjasama empat negara dalam wilayah ASEAN yang terdiri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Philipina atau BIMP-EAGA diselenggarakan acara Budayaw Festival ke-23 'back to back dengan The 2nd Budayaw Festival' yang berlangsung di Kuching, Sarawak, Malaysia, tanggal 19-23 November 2019. Budayaw Festival merupakan...