Bintulu, Sarawak – Atikudkl.org: Jambore Anak Indonesia se-Malaysia Zona Sarawak (JAIM ZORA) 3.0 tahun 2019 berlangsung meriah dengan menampilkan persembahan tarian, nyanti, dan atraksi silat oleh para siswa Coomunity Learning Center (CLC) wilayah Sarawak. Jambore berlangsung selama tiga hari di Ladang Saremas Wilmar International, Bintulu, Sarawak, tanggal 15-17 November 2019.

Pada acara pembukaan jambore, hadir tim dari KBRI Kuala Lumpur, antaranya HOC Agus Badrul Jamal, Atdikbud Mokhamad Farid Maruf, Ibu Dahlia, Ibu Ratna Rachmawati, Bapak Deany Yasir Wirya, serta staf Atdikbud.

Selain itu, pembukaan JAIM ZORA ini juga dihadiri oleh Konsul Jenderal RI Kuching Yonny Tri Prayitno, Pejabat Fungsi Konsuler KJRI Kuching Ringgi Perdini, Prof. Dr. Jana T Anggadiredja, Apt, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Perencanaan dan Pengembangan, mewakili Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, para Koordinator Penghubung (KP) CLC Sabah dan Sarawak, Manager serta pengurus Ladang Saremas, para guru CLC Sarawak serta para siswa CLC dan orangtua siswa peserta jambore.

Dalam pidato pembukaan acara, Konsul Jenderal RI Kuching menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, baik dari Indonesia maupun Malaysia yang telah mendukung jalannya kegiatan rutin tahunan Jaim Zora 3.0 2019. KJRI Kuching sangat mengapresiasi dukungan pihak Wilmar kepada pendidikan anak-anak Indonesia di ladang mereka. CLC Ladang Saremas dan Segarmas merupakan CLC-CLC yang menjadi percontohan bagi CLC di Sarawak bukan hanya karena fasilitas yang disediakan namun juga perhatian terhadap kegiatan ekstrakulikuler siswa Indonesia.

Disampaikan juga bahwa KJRI Kuching akan terus memberikan dukungan untuk penyelenggaraan kegiatan ini maupun kegiatan lainnya dengan harapan bisa memotivasi siswa CLC serta dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air meskipun mereka jauh bahkan tidak pernah pulang ke Indonesia.

Pembukaan JAIM ZORA kali ini cukup spesial bagi kegiatan pramuka di Sarawak karena para hadirin dapat menyaksikan upacara Pembentukan dan Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Gugus Depan dan Pengurus Gugus Depan Gerakan Pramuka 001-002 KJRI Kuching, Sarawak, Malaysia Masa Bakti 2019-2021 yaitu sebagai berikut Bapak Yonny Tri Prayitno (Konsul Jenderal RI Kuching) sebagai Ketua, Ibu Ringgi Perdini (Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Kuching) sebagai Wakil Ketua, Bapak Dadang Hermawan (Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu) sebagai Sekretaris serta Pembina Gugus Depan, Badan Pemeriksa Keuangan serta Dewan Kehormatan yang anggotanya terdiri dari staf pensosbud KJRI Kuching serta para guru CLC Sarawak.

Konjen RI Kuching juga mengucapkan terima kasih kepada Kak Prof. Dr. Jana T. Anggadiredja, selaku Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sekaligus Ketua Komisi perencanaan dan pengembangan yang telah berkenan hadir ke Sarawak mewakili Ketua Kwartir Nasional untuk melantik kami selaku Mabigus dan Pengurus Gugus depan Gerakan Pramuka KJRI Kuching.

Konjen RI Kuching selaku kepala perwakilan RI di sini sangat mendukung kegiatan pramuka. Karena saat ini diperlukan bentuk pendidikan yang yang inovatif, kreatif dan rekreatif untuk mengenalkan Indonesia kepada anak-anak yang yang ada di sini yang secara kebetulan tidak sedang berada di tanah airnya sendiri.

Konjen RI Kuching juga mengucapkan selamat kepada guru-guru yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan ini. Para guru-guru tersebut diminta untuk yakin bahwa jerih payahnya akan menjadikan kegiatan ini menjadi bekal berarti sekaligus kenangan manis bagi anak didik kelak.

Pada akhir sambutannya, Konjen RI Kuching mengucapkan selamat berkemah kepada para peserta serta selamat berjambore, bersenang-senang dan berpesan agar mengikuti semua kegiatan yang sudah dirancang oleh panitia dengan sungguh-sungguh dan penuh kegembiraan, dan mencari teman sebanyak-banyaknya karena ini kesempatan untuk belajar dan menjalin persahabatan.(ESW dan PS)

EditorKerjasama Atdikbud
Bintulu, Sarawak - Atikudkl.org: Jambore Anak Indonesia se-Malaysia Zona Sarawak (JAIM ZORA) 3.0 tahun 2019 berlangsung meriah dengan menampilkan persembahan tarian, nyanti, dan atraksi silat oleh para siswa Coomunity Learning Center (CLC) wilayah Sarawak. Jambore berlangsung selama tiga hari di Ladang Saremas Wilmar International, Bintulu, Sarawak, tanggal 15-17 November...