Penang – Atdikbud: Mahasiswa Universitas Terbuka Pokjar Penang, Malaysia menggelar acara tahunan yakni festival budaya, Minggu (19/2/2017). Acara dihadiri oleh seluruh mahasiswa UT Penang dan mahasiswa UT Kuala Lumpur serta masyarakat Indonesia yang berdomisili dan bekerja di wilayah Penang.

Hadir pada kesempatan tersebut, Konsul Jenderal RI, Ivansyah Wibisono, Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc., Kepala UPBJJ UT Batam, drh. Ismet Sawir, M.Sc., HOC KJRI Penang, Agus Priyono, Koordinator BLBA UT Batam, Eliaki Gulo, M.M., Pejabat Fungsi Pensosbud KJRI Penang, Isana Mandasari dan juga Pejabar Fungsi Konsuler, Neni Kurniati.

Festival budaya mengusung tema “Indonesia Gemar Berbudaya, Kreasi Tanpa Batas”  bersama UT Pokjar Penang dibuka secara resmi oleh Konsul Jenderal RI Penang, Ivansyah Wibisono yang ditandai dengan pemukulan gong.

Mengisi acara festival tahun ini dengan persembahan drama, tarian daerah, lomba puisi, lomba fashion show tradisional dan modern,  hijabers, pakaian adat yang diikuti oleh mahasiswa UT Penang, UT Kuala Lumpur. Turut memeriahkan acara festival para pengusaha Indonesia dengan membuka bazar produk pakaian dan makanan Indonesia serta beberapa stand yang mensponsori acara festival.

Ketua panitia acara, Maulidayatun Nisa dan Ketua PPI UT Penang, Retno Anisa dalam sambutannya berharap dengan diadakannya acara festival, masyarakat Indonesia di Malaysia khususnya semakin mencintai budayanya dan senantiasa mensosialisasikan budaya Indonesia ke seluruh dunia.

Kepala UPBJJ-UT Batam drh. Ismet Sawir, M.Sc mengatakan bahwa UT di Malaysia semakin meningkat berkat bimbingan dan bantuan yang diberikan oleh kantor perwakilan RI di seluruh Malaysia.

Sementara itu, Atase pendidikan Prof. Dr. Ari Purbayanto dalam sambutannya mengatakan kami ingin agar mahasiswa UT bertambah banyak dan yang diwisuda juga banyak. “Kami sedih kalau banyak TKI yang masuk UT tetapi sangat sedikit sekali yang lulus,” ujarnya.

Atase Pendidikan berjanji akan berusaha untuk menyelenggarakan acara wisuda bagi mahasiswa UT. Pada tahun sebelumnya, KBRI Kuala Lumpur telah sukses menggelar acara wisuda bagi 20 wisudawan UT Pokjar Kuala Lumpur, Pokjar Johor Bahru dan Pokjar Singapura.

“Dengan kegiatan yang baik seperti ini, diharapkan mahasiswa bisa menumbuhkan semangat kepemimpinan melalui pelajaran berorganisasi,” tambah Prof. Ari Purbayanto sambil mengingatkan bahwa misi budaya seperti ini akan lebih tepat dan bermanfaat apabila pengenalan budaya Indonesia dapat disuguhkan kepada masyarakat asing khususnya masyarakat di Malaysia.

Kedepan, KBRI dan KJRI Penang akan bekerja sama memanfaatkan rumah budaya dalam mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat setempat di seluruh wilayah akreditasi. Berbagai program pendidikan dan promosi budaya Indonesia telah diselenggarakan, salah satunya adalah memberikan pembelajaran kepada siswa sekolah Malaysia supaya mereka benar-benar mengetahui asal usul budaya yang mereka pelajari.

Konsul Jenderal Ivansyah Wibisono meminta kepada para mahasiswa UT Penang supaya memanfaatkan kesempatan selama di Malaysia untuk belajar berbagai ragam ilmu pengetahuan sebagai bekal kembali ke tanah air.

Konsul Jenderal berjanji akan memfasilitasi program kegiatan mahasiswa UT dan juga kegiatan masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI Penang. Dalam kesempatan yang sama, juga diisi dengan sosialisasi kekonsuleran. (THS Penang)

administratorUncategorizedUT Pokjar Kuala Lumpur
Penang – Atdikbud: Mahasiswa Universitas Terbuka Pokjar Penang, Malaysia menggelar acara tahunan yakni festival budaya, Minggu (19/2/2017). Acara dihadiri oleh seluruh mahasiswa UT Penang dan mahasiswa UT Kuala Lumpur serta masyarakat Indonesia yang berdomisili dan bekerja di wilayah Penang. Hadir pada kesempatan tersebut, Konsul Jenderal RI, Ivansyah Wibisono, Atase Pendidikan...