Perak-atdikbudkl.org: Pada tanggal 11 Mei 2017 di Dewan Convocation e-learning, Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Tanjong Malim, Perak telah diselenggarakan final lomba pidato Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Acara dihadiri oleh Bpk. Trigustono Supriyanto, Kepala Kanselerai KBRI Kuala Lumpur, Prof. Dr. Ari Purbayanto, Atdikbud KBRI Kuala Lumpur, Prof. Madya Puan Intan Syafinaz Pengarah Hal Ehwal Pelajar UPSI, Kepala Sekolah dan guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), pelajar dan staf UPSI, serta staf Atdikbud KBRI-KL.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Negaraku dan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya sambutan oleh Puan Intan Syafinaz yang mewakili Naib Chancellor (UPSI). Dalam sambutannya disampaikan bahwa pihak UPSI sangat mengapresiasi kehadiran Atdikbud dan merasa bangga  UPSI dipilih sebagai tempat penyelenggaraan final lomba BIPA yang merupakan program bergengsi dengan harapan agar final lomba yang diikuti  oleh 6 finalis yang 4 diantaranya adalah pelajar dari UPSI ini dapat berjalan lancar.

Puan Syafinaz juga menyampaikan bahwa jumlah mahasiswa asing di UPSI mencapai 500 orang dan 50% merupakan mahasiswa Indonesia. Prestasi mahasiswa Indonesia baik sekali terutama untuk program Pascasarjana. Selain itu, Puan Syafinaz juga menyampaikan agar

Kedutaan Indonesia dapat meningkatkan program kerjasama dengan UPSI. Selanjutnya sambutan dari Atdikbud KBRI yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada PPI UPSI atas persiapan dan penyelenggaraan final lomba dengan dukungan dari pihak kampus UPSI yang sangat baik.  Atdikbud juga menyampaikan apresiasinya terhadap peran mahasiswa Indonesia sebagai duta bangsa yang telah dilakukan dengan baik hingga saat ini.

Lomba BIPA 2017 yang mengusung tema “Wonderful Indonesia” ini terdiri dari 2 kelompok. Kelomok pertama kemahiran berpidato bahasa Indonesia dan kelompok kedua bercerita dalam bahasa Indonesia.

Atdikbud juga menyebutkan bahwa Indonesia terdiri dari 230 suku bangsa. Perkembangan bahasa Indonesia dipengaruhi oleh bahasa daerah dan juga bahasa asing lainnya, sehingga dalam satu tahun terdapat lebih dari 1000 kosa kata baru bahasa Indonesia.

Lomba kali ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai Indonesia lebih dalam lagi sehingga memupuk rasa kecintaan kepada Indonesia dan berminat untuk berkunjung ke Indonesia.

Pemenang lomba BIPA  akan dikirim ke Indonesia untuk mengikuti upacara kemerdekaan Indonesia bersama Presiden RI di Istana Negara, serta berkunjung ke miniatur Indonesia yaitu Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan juga wisata budaya ke kota-kota lainnya.

Atdikbud juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak UPSI atas dukungannya dalam penyelenggaraan final lomba dan  juga kesediaannya untuk meneruskan kerjasama yang sudah terjalin erat selama ini.

Lomba BIPA kali ini diikuti oleh 102 pesera dari 7 negara. Sebanyak 20 peserta lolos babak semi final, dan pada babak final diikuti oleh 6 peserta (1 peserta dari Thailand dan 5 peserta Malaysia).

Lomba dimulai dengan pidato dan selanjutnya adalah berceritera bahasa Indonesia secara bergantian maksimal 10 menit. Selesai lomba, sambil menunggu keputusan dewan juri, para hadirin dihibur dengan lagu-lagu Indonesia yg dibawakan oleh para guru SIKL.

Pemenang lomba pidato kali ini diraih oleh Nuraini binti Ahmad mahasiswa UPSI sebagai juara pertama dan  Mumtaz Nabihah Zulkifli sebagai juara kedua dari kampus Universitas Islam Antabangsa (UIA). Pemenang lomba berceritera bahasa Indonesia adalah Syed Muhammad Azmel bin Syed Mahmud dan Nurlaila binti Handa, masing-masing sebagai juara satu dan dua.

Setelah pengumuman , acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah secara simbolis oleh  Kepala Kanselerai dan Atdikbud,  kemudian diikuti dengan sesi foto bersama. (ESW)

https://atdikbudkl.org/wp-content/uploads/2017/05/PIDATO-1.jpghttps://atdikbudkl.org/wp-content/uploads/2017/05/PIDATO-1-300x300.jpgEditorKegiatan Atase Pendidikan
Perak-atdikbudkl.org: Pada tanggal 11 Mei 2017 di Dewan Convocation e-learning, Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Tanjong Malim, Perak telah diselenggarakan final lomba pidato Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Acara dihadiri oleh Bpk. Trigustono Supriyanto, Kepala Kanselerai KBRI Kuala Lumpur, Prof. Dr. Ari Purbayanto, Atdikbud KBRI Kuala Lumpur, Prof. Madya...