Kuala Lumpur-atdikbudkl.org: Pertemuan Komite Pendidikan Arsitek ASEAN atau ASEAN Architect Education Committee (AAEC) Meeting, telah dihelat di Hotel Berjaya, Kuala Lumpur, Senin 15 Mei 2017. Pertemuan tersebut dihadiri oleh staf sekretariat ASEAN dan perwakilan dari negara-negara anggota ASEAN, kecuali Singapura dan Vietnam.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Prof.Dr. Ari Purbayanto Atdikbud KBRI Kuala Lumpur yang mewakili Pemerintah Cq. Kemristekdikti bersama Dr. Adib Abadi selaku Ketua APTARI (Asosiasi Perguruan Tinggi Arsitek Indonesia). Selain itu, juga hadir  ketua AAEC Indonesia, perwakilan Kementerian PUPR, perwakilan pengusaha/praktisi di bidang arsitek dan wakil perguruan tinggi.

Pertemuan kali ini merupakan pertemuan yang ke-7 untuk menindaklanjuti hasil pertemuan sebelumnya yang telah diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah pada bulan Januari 2017 lalu.

Agenda rapat diantaranya pemutahiran data dan informasi perguruan tinggi bidang arsitek, kurikulum pendidikan arsitek dari masing-masing negara. Perwakilan Indonesia Dr. Adib menyampaikan data dan informasi terbaru termasuk daftar pakar arsitek yang sudah dimuat dalam laman APTARI.

Selanjutnya Prof. Ari Purbayanto yang mewakili pemerintah menyampaikan dukungannya untuk penyelenggaraan studi kelayakan sistem akreditasi pendidikan arsitek ASEAN. Untuk itu, diusulkan agar—focal point—pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di masing-masing negara.

Pimpinan sidang menyampaikan bahwa Malaysia akan memfasilitasi pelaksanaan studi kelayakan sistem akreditasi dengan melibatkan Malaysian Qualification Agency (MQA), yaitu sebuah badan penyelenggara akreditasi pendidikan di Malaysia. (AP)

 

administratorKegiatan Atase Pendidikan
Kuala Lumpur-atdikbudkl.org: Pertemuan Komite Pendidikan Arsitek ASEAN atau ASEAN Architect Education Committee (AAEC) Meeting, telah dihelat di Hotel Berjaya, Kuala Lumpur, Senin 15 Mei 2017. Pertemuan tersebut dihadiri oleh staf sekretariat ASEAN dan perwakilan dari negara-negara anggota ASEAN, kecuali Singapura dan Vietnam. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Prof.Dr. Ari Purbayanto Atdikbud...