Negeri Sembilan-atdikbudkl.org: Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Prof Ari Purbayanto menghadiri rapat penyusunan Rencana Anggaran Kegiatan Sekolah (RAKS) SIKL Tahun ajaran 2017/2018, Sabtu 20 Mei 2017 di Hotel Royale Bintang Seremban.

Dalam penyusunan RAKS 2017 Atdikbud memberikan arahan pentingnya membahas  tugas tambahan guru,  rencana pengadaan kendaraan operasional sekolah, serta perlunya pelatihan guru yang sifatnya tematik.
“Semua kegiatan ini  sangat penting, sehingga perlu dianggarkan dengan baik, sehingga dapat terlaksana dengan akuntabilitas yang tinggi,” ungkap Atdikbud.
Sementara itu Agustinus Suharto, Kepala SIKL dalam kesempatan tersebut menyampaikan laporannya terkait capaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh SIKL sepanjang tahun ajaran 2016/2017.

Disampaikannya, tahun ajaran ini jumlah siswa mencapai 515 orang, sedangkan SIJB filial SIKL 170 siswa. Tahun ajaran 2016/2017 SIKL telah menerapkan kurikulum 2013 dan Ujian Nasional (UN) berbasis Komputer. Selain itu terkait capaian, hasil UN SIKL telah meraih peringkat B. Sebanyak 5 siswa lulusan SMA berhasil masuk ke Universitas Negeri di Indonesia melalui jalur SNMPTN.

“Capaian ekstrakurikuler SIKL 2017 diantaranya adalah keberhasilan meraih juara umum KS2. SIKL telah menjadikan Pendidikan Kepramukaan menjadi Eskul Wajib, mengikuti pementasan berbagai acara seni budaya, peningkatan kegiatan Rohis dengan kegiatan yang semakin bervariasi,” ungkap Kepala Sekolah.
Sedangkan untuk kunjungan berwawasan pendidikan yang telah diwujudkan SIKL diantaranya adalah kunjungan belajar Paskibraka, Studi Banding SD ke Sumatera Utara, studi banding tingkat SMP ke  Yogyakarta.

Dengan jumlah 43 orang guru SIKL saat ini, sekolah juga telah menjalankan sejumlah kerjasama MoU – kemitraan. SIKL dengan SK Tun Ismail 1, Ferny Grove High School Australia, SD-SMP Bona Sumatera Utara, SD-SMP-SMA Yos Sudarso Batam, SMA Taruna Nusantara Magelang serta penyelenggaraan PKL-PPL dengan UPI Bandung, UIN Malik Ibrahim Malang  serta IAIN Salatiga.

“Masih ada lagi sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan 2017 ini, pada bulan Juli mendatang SIKL akan melaksanakan homestay ke Australia, in house training, Paskibraka HUT RI, Raimuna Nasional, Road Show Seni Budaya, pada akhir Agustus 2017, Akreditasi ulang SIKL, bulan September 2017 partisipasi KS2 di Kota Kinabalu Sabah, Homestay di Belanda, pada bulan Oktober 2017, Sport Day, Camp Motivasi, dan Desember 2017 akan diadakan latihan Kepramukaan Mahir Lanjut Pramuka di Kota Kinabalu, sedangkan kegiatan Literasi membaca buku setiap awal pelajaran akan dilaksanakan pada awal 2018,” ungkap Kepala Sekolah menuntaskan laporannya.

Mewakili orangtua Ketua Komite SIKL Dr. Lili Yulyadi dalam RAKS menyampaikan, bahwa komite selaku wakil orang tua murid, ketika merancang RAKS 2017/2018 harus menekankan pada skala prioritas. Dukungan 65% lebih dana Atdikbud, 20% KBRI Kuala Lumpur, BOS dan Kemdikbud RI, sisanya dari iuran siswa/i.
“Program kegiatan hendaknya kembali kepada Visi dan Misi SIKL, setiap tahunnnya ada peningkatan dan prestasi dan mengacu kepada prioritas. Mewakili orangtua murid, kami mengapresiasi kerjasama yang baik antara Kepala SIKL dan Atdikbud KBRI Kuala Lumpur,” ungkap Ketua Komite Sekolah.

Rapat RAKS juga dihadiri oleh Minister Councellor Pensosbud, selaku Kepala Kanselerai KBRI Kuala Lumpur/Wakil Ketua BPSIKL Trigustono Supriyanto, Atase Hukum KBRI Kuala Lumpur/Anggota BPSIKL Fajar Sulaeman, Atase Polisi Kombes. Pol. Chaidir Atase POLRI juga selaku anggota BPSIKL. [ED] administratorKegiatan Atase Pendidikan

Negeri Sembilan-atdikbudkl.org: Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Prof Ari Purbayanto menghadiri rapat penyusunan Rencana Anggaran Kegiatan Sekolah (RAKS) SIKL Tahun ajaran 2017/2018, Sabtu 20 Mei 2017 di Hotel Royale Bintang Seremban. Dalam penyusunan RAKS 2017 Atdikbud memberikan arahan pentingnya membahas  tugas tambahan guru,  rencana pengadaan kendaraan operasional sekolah, serta perlunya pelatihan...