Atdikbud Prof. Dr. Ari Purbayanto menyampaikan materi pada acara pelatihan PKG-SILN se-Malaysia, Jumát (21/7/2017). Dok.Foto/Prathiwy Soejono.

Johor Bahru–atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur Prof. Dr. Ari Purbayanto, M.Sc., turut menyampaikan materi pada acara pelatihan penigkatan kompetensi guru (PKG) yang dihelat di Johor Bahru, Malaysia selama tiga hari, (21-23 Juli 2017).

Bersama delapan pemateri lainnya dari Kemdikbud RI dan Tim Seamolek, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur memfokuskan presentasi terkait kebijakan pelayanan pendidikan Indonesia di Malaysia dengan tema “Kebijakan Pendidikan Indonesia di Malaysia: Penguatan Pendidikan Karakter.

Dalam materi tersebut, Atdikbud menekankan supaya kapasitas dan kompetensi guru SILN semakin meningkat sehingga kualitas pembelajaran yang diberikan juga lebih baik. “Melalui pelatihan ini, para guru selain mendapatkan penyegaran terhadap perkembangan ilmu/metode baru pengajaran juga informasi kebijakan pendidikan nasional,” jelasnya.

Kepada para guru, Atdikbud berpesan agar guru-guru senantiasa melakukan upaya-upaya peningkatan kompetensinya serta memperluas wawasan keilmuan yang mengacu pada pengembangan pendidikan karakter peserta didik. “Hendaknya para guru tidak saja terpacu untuk mengejar aspek kognitif saja tetapi jauh lebih penting aspek moral peserta didik,” tegasnya.

**

Atase pendidikan sangat konsen dalam meningkatkan kompetensi guru dengan cara rutin setiap tahun menyelenggarakan pelatihan peningkatan kompetensi guru sekolah Indonesia luar negeri (SILN) se-Malaysia sejak tahun 2015.

Pada tahun ini, pelatihan PKG diikuti oleh 100 orang guru dari Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SILN), Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), dan Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB). “Semoga dengan terselenggaranya acara ini, kualitas guru semakin baik sehingga kualitas pembelajaran yang diberikan juga lebih meningkat yang pada akhirnya mutu  SILN meningkat” ujar Prof Ari Purbayanto lagi. (THS/ESW)

EditorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
Johor Bahru–atdikbudkl.org: Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur Prof. Dr. Ari Purbayanto, M.Sc., turut menyampaikan materi pada acara pelatihan penigkatan kompetensi guru (PKG) yang dihelat di Johor Bahru, Malaysia selama tiga hari, (21-23 Juli 2017). Bersama delapan pemateri lainnya dari Kemdikbud RI dan Tim Seamolek,...