Pahang-atdikbudkl.org, Musyawarah Gugus Depan (Mugus) Gudep KBRI Kuala Lumpur berhasil digelar di Fraser Hill Pahang 29-30 Juli 2017. Dalam kegiatan ini Atdikbud KBRI KL Prof Ari Purbayanto yang juga sebagai ketua harian Gudep 001/002 KBRI KL meminta agar Gudep merancang model pembinaan yang kreatif untuk meningkatkan jumlah anggota.

Selain latihan teknik di lapangan, latihan pramuka harus menekankan pembinaan karakter peserta didik untuk membentuk pribadi yang baik. Untuk itu sangat diperlukan sosok pembina yang berkarakter secara moral.

Ditekannya, Kurikulum 2013 sudah menjadikan pramuka sebagai kegiatan wajib pembinaan karakter inhouse dan exhouse, diharapkan kehadiran Gudep dapat lebih kreatif dalam usaha menyelaraskan pendidikan karakter anak Indonesia di Malaysia.

“Proses seleksi pembina Gudep 17 Juli lalu perlu kita apresiasi, seterusnya penting dirancang SOP pembinaan peserta didik untuk menciptakan generasi anak Indonesia yang lebih berkarakter. Kami akan berusaha mengajukan kenaikan dukungan anggaran selama kegiatan Gudep dapat dipertanggungjawabkan,” ungkap Atdikbud dalam pembukaan Mugus.

Wakil Duta Besar KBRI yang juga sebagai Ketua Mabigus ex-officio, Andreano Erwin yang turut hadir dalam kesempatan tersebut juga meminta agar Pramuka dapat tampil simpel, dan menunjukkan peranan aktif di masyarakat.

”Pramuka perlu tampil simpel dan menarik guna memberikan kesan positif kepada pendidikan karakter anak Indonesia. Pramua perlu banyak terlibat dalam kegiatan di masyarakat, bisa dengan menjadi EO dan dapat terlibat dengan berbagai kegiatan intern KBRI. Agendakan kegiatan Workshop Pramuka untuk memperkenalkan peranan Pramuka lebih luas lagi di Malaysia,” Ungkap Andreano.

Rangkaian agenda Mugus ditutup dengan penyampaian LPJ Gudep periode 2012-2015 yang disampaikan Kak Joko Satria sebagai Ka Gudep. Setelah LPJ diterima tanpa syarat, sejumlah rekomendasi hasil sidang pleno Mugus juga menetapkan Ketua Gudep periode 2017-2020 Kak Herman Sahara.

Sidang Pleno yang dipimpin Kak Agustinus Suharto sebagai anggota Mabigus juga menetapkan sejumlah rekomendasi penting untuk kelanjutan Gudep KBRI KL periode selanjutnya. Diantara hasil Mugus adalah menetapkan satuan Pembina Putra dan Putri serta membuat agenda Raker Gudep September 2017 mendatang.
“Sidang pleno Mugus 2017 Gudep KBRI KL menghsilkan 10 rekomendasi penting, diharapkan Ketua Gudep terpilih dapat membangun Gudep yang lebih baik kedepannya,”ungkap Kak Agus.

administratorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
Pahang-atdikbudkl.org, Musyawarah Gugus Depan (Mugus) Gudep KBRI Kuala Lumpur berhasil digelar di Fraser Hill Pahang 29-30 Juli 2017. Dalam kegiatan ini Atdikbud KBRI KL Prof Ari Purbayanto yang juga sebagai ketua harian Gudep 001/002 KBRI KL meminta agar Gudep merancang model pembinaan yang kreatif untuk meningkatkan jumlah anggota. Selain latihan...