Kota Kinabalu-atdikbudkl.org: Serah terima 83 guru tahap 8 dari Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud telah dilaksanakan pada Selasa 8 Agustus 2017 di Kota Kinabalu, Sabah. Nieke Kusumahani yang mewakili Kemdikbud menandatangani berita acara serah terima bersama Konjen RI Kota Kinabalu, Konjen RI Kuching, Konjen RI Johor Bahru dan Konsul RI Tawau dengan disaksikan oleh Atdikbud KBRI Kuala Lumpur Prof. Ari Purbayanto dan Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Kota Kinabalu di Hotel Grand Borneo Kota Kinabalu. Guru-guru tersebut pada hari berikutnya setelah acara serah terima, langsung menuju tempat penugasan untuk mulai bertugas. Mereka akan mendidik anak-anak Indonesia di beberapa Community Learning Center (CLC) Sabah, Sarawak dan Rintisan Sekolah Indonesia Johor Bahru Malaysia.

Ketika menyampaikan sambutan penerimaannya, Atdikbud KBRI Kuala Lumpur menegaskan bahwa penugasan para guru oleh negara di Sabah merupakan kesempatan emas karena telah melalui tahapan yang panjang, mulai dari proses seleksi hingga keberangkatan. Kesempatan emas ini harus digunakan sebaik mungkin untuk mendidik dengan hati dan semangat yang tinggi sehingga menghasilkan siswa yang unggul secara akademik dan juga berkarakter Pancasila serta berbudaya Indonesia, ungkap Prof. Ari.

Selanjutnya disampaikan pula bahwa menjadi guru di luar negeri khususnya Malaysia, menjadi impian banyak orang Indonesia karena selain memperoleh pengalaman berharga, sekaligus menempa karir sebagai guru profesional. Saat ini sebanyak 326 guru telah didatangkan untuk mengajar anak-anak Indonesia di Malaysia. Jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya CLC baru.

Di akhir sambutannya, Atdikbud berpesan agar para guru patuh dan taat aturan negara setempat khususnya terhadap aturan yang mengikat warga negara asing. Disamping itu, para guru juga harus siap melaksanakan tugas mengajar multi strata dan lintas mata pelajaran, serta siap mengelola dana bantuan dari Pemerintah secara transparan dan akuntabel, tegas Prof. Ari.

Konjen RI Kota Kinabalu, Ahmad D.H. Irfan dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat datang dan menyarankan agar pada saat tiba di tempat penugasan nanti para guru untuk langsung berkenalan dan menyesuaian diri. Karena tempat dan situasinya berbeda dengan di Indonesia, begitu juga kebiasaan-kebiasaan setempat. Seperti istilah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Para guru agar mencatat nomor telepon Kantor Perwakilan RI terdekat, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) dan para Koordinator Penghubung CLC untuk dihubungi pada saat ada masalah. Para guru diminta untuk tidak memutuskan sendiri apabila terjadi masalah-masalah yang besar. Para guru juga diminta untuk tidak melanggar hukum sekecil apapun. Secara keseluruhan, Konjen RI Kota Kinabalu mengharapkan agar para guru tahap 8 lebih baik dari guru tahap-tahap sebelumnya dalam menjalankan tugas, pungkasnya.

Nieke Kusmahani, Kasubdit Layanan Khusus dan SILN, Ditjen GTK, Kemdikbud RI mengucapkan terima kasih kepada Konjen RI Kota Kinabalu beserta jajarannya yang telah mengorganisir penyelenggaraan acara Serah Terima Guru Tahap 8 ini. Acara serah terima ini juga dihadiri oleh Dubes Agustinus Sumartono, Konjen RI Kuching, Konjen RI Johor Bahru, Konsul RI Tawau, Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Kuala Lumpur, Pelaksana Fungsi (P.F.) Pensosbud KJRI Kota Kinabalu, P.F. Pensosbud KJRI Kuching, P.F. Pensosbud KRI Tawau, staf dan tim pendamping dari Kemdikbud, Perwakilan dari Jabatan Pendidikan Negeri Sabah, Perwakilan dari Polis Diraja Malaysia Sabah, Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Koordinator Penghubung (KP) Kota Kinabalu, KP Tawau dan KP Sarawak serta beberapa staf panitia dari KJRI Kota Kinabalu, KJRI Kuching, KRI Tawau, dan para pendidik tahap 8. [ESW]

administratorKegiatan Atase PendidikanKegiatan Sekolah Indonesia di Malaysia
  Kota Kinabalu-atdikbudkl.org: Serah terima 83 guru tahap 8 dari Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud telah dilaksanakan pada Selasa 8 Agustus 2017 di Kota Kinabalu, Sabah. Nieke Kusumahani yang mewakili Kemdikbud menandatangani berita acara serah terima bersama Konjen RI Kota Kinabalu, Konjen RI Kuching, Konjen RI Johor Bahru dan...