Mendikbud Prof. Dr. Muhadjir Effendy diwawancarai media seusai meresmikan PKBM KBRI Kuala Lumpur (1/3/2018).

Kuala Lumpur – atdikbudkl.org: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur membuka layanan pendidikan non formal (PNF) bagi seluruh masyarakat Indonesia di Malaysia khususnya wilayah Semenanjung.  Layanan PNF ini disediakan KBRI secara gratis untuk memberikan bimbingan belajar hingga penyelenggaraan ujian kesetaraan Paket A (jenjang SD) Paket B (jenjang SMP)  dan Paket C (jenjang SMA).

Layanan pendidikan ini diberi nama Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) KBRI Kuala Lumpur yang telah terdaftar di Kemdikbud dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN No.P9959640.  Khusus bagi masyarakat Indonesia yang tinggal jauh dari KBRI Kuala Lumpur akan dibuka cabang dalam bentuk Tempat Kegiatan Belajar (TKB).

PKBM KBRI Kuala Lumpur diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. dengan didampingi oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Malaysia H.E. Rusdi Kirana, S.E. Hadir pada kesempatan peresmian para rombongan Menteri, Diplomat RI di Malaysia, Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan tenaga pendidik, ekspatriat, serta masyarakat Indonesia lainnya dari berbagai organisasi kemasyarakatan di Malaysia termasuk calon peserta didik PKBM KBRI Kuala Lumpur.

Duta Besar Rusdi Kirana dalam berbagai pertemuan resmi menyampaikan keinginan dan komitmennya untuk membuka akses layanan pendidikan yang seluas-luasnya bagi warga negara Indonesia di Malaysia tanpa harus melihat status legal atau ilegal.

Maksud dan tujuan pembukaan PKBM KBRI Kuala Lumpur adalah untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia yang karena sesuatu hal  tidak dapat mengakses pendidikan formal jenjang SD hingga SMA.

Pembelajaran di PKBM KBRI Kuala Lumpur mengacu pada kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Peserta didik dapat mengakses Buku Sekolah Elektronik secara online di alamat: http:/bse.kemdikbud.go.id.

Kegiatan pembelajaran direncanakan akan berlangsung pada akhir pekan yaitu dua kali seminggu (Sabtu dan Minggu) pukul 10.00 s/d 14.00. Tenaga pengajar akan diisi oleh guru-guru berpengalaman dari Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan volunteer dari ekspatriat/profesional.

Bagi masyarakat yang berdomisili di Kuala Lumpur dan Lembah Klang dapat melakukan pendaftaran langsung pada setiap hari kerja di loket 6 (Pendidikan) KBRI Kuala Lumpur. Bagi masyarakat yang tinggal jauh dari Kuala Lumpur, dapat melakukan pendaftaran lewat email: atasedik_kbrikl@yahoo.com dengan mengunduh formulir pendaftaran di alamat: http://bit.ly/form-pkbm. (THS)

EditorKegiatan Atase Pendidikan
Kuala Lumpur - atdikbudkl.org: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur membuka layanan pendidikan non formal (PNF) bagi seluruh masyarakat Indonesia di Malaysia khususnya wilayah Semenanjung.  Layanan PNF ini disediakan KBRI secara gratis untuk memberikan bimbingan belajar hingga penyelenggaraan ujian kesetaraan Paket A (jenjang SD) Paket B (jenjang SMP) ...