Duta Besar RI untuk Kerajaan Malaysia Rusdi Kirana

Kuala Lumpur – atdikbudkl.org: Duta Besar RI Rusdi Kirana dan Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat mewisuda lulusan Universitas Terbuka Pokjar Malaysia pada hari Kamis, 13 Desember 2018. Mhasiswa yang diwisuda berjumlah 11 orang. Mereka mengambil program studi Sastra Inggris (5 orang), Akuntansi (2 orang), dan Ilmu Pemerintahan (2 orang). Lulusan mahasiswa UT Pokjar Malaysia lainnya sebanyak 19 orang telah lebih dahulu mengikuti wisuda di Indonesia karena telah berakhirnya masa kerja di perusahaan masing-masing.

Selain Duta Besar dan Rektor, acara wisuda juga dihadiri Wakil Duta Besar Krishna KU Hannan, Wakil Rektor IV Dr. Liestyodono B Irianto, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Ari Purbayanto, Korfung Pensosbud Agung Cahaya Sumirat, Direktur UT Batam Eliaki Gulo, Direktur UT Tarakan Dr. Milwan, Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI-Johor Bahru Anang Fauzi Firdaus, Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur H. Agustinus Suharto, para diplomat dan juga unsur masyarakat lainnya.

Dialog Duta Besar dan Rektor UT bersama mahasiswa di Malaysia

Seusai acara penyerahan ijazah, Duta Besar dan Rektor UT mengadakan dialog terbuka dengan mahasiswa UT di Malaysia yang membahas berbagai hal terkait pengembangan layanan pendidikan UT di Malaysia.

KBRI Kuala Lumpur dan Universitas Terbuka berkomitmen meningkatkan layanan pendidikan bagi buruh migran Indonesia di Malaysia, termasuk berkontribusi dalam memberikan akses pendidikan dasar kepada anak-anak Indonesia melalui pendirian Community Learning Center (CLC) wilayah Sabah dan Sarawak.

Acara wisuda dan dialog tersebut mengundang perhatian publik dan turut diliput oleh media cetak dan elektronik serta streaming di media sosial Facebook.

Kepada wisudawan, Duta Besar menyampaikan beberapa peluang kerja sebagai tenaga pengajar di CLC wilayah Sabah dan Sarawak sebagai tempat mereka bisa menimba pengalaman kerja sebelum kembali ke tanah air.

Universitas Terbuka mendapat respon yang luar biasa di kalangan pekerja migran di Malaysia. Hingga saat ini terdapat 5 kelompok belajar, yaitu Pokjar Kuala Lumpur berjumlah 450 mahasiswa, Pokjar Johor Bahru 175 mahasiswa, Pokjar Penang berjumlah 185 mahasiswa, dan Pokjar Kota Kinabalu-Tawau berjumlah 76 mahasiswa. (THS, EF, ESW, PS, EDA)

Berfoto bersama Duta Besar dan Rektor UT

EditorKegiatan Atase Pendidikan
Kuala Lumpur - atdikbudkl.org: Duta Besar RI Rusdi Kirana dan Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat mewisuda lulusan Universitas Terbuka Pokjar Malaysia pada hari Kamis, 13 Desember 2018. Mhasiswa yang diwisuda berjumlah 11 orang. Mereka mengambil program studi Sastra Inggris (5 orang), Akuntansi (2 orang), dan Ilmu Pemerintahan (2...