Atdikbud membuka Workshop di SIKL



Kuala Lumpur-Atdikbudkl.org: Dalam rangka upgrading kemampuan kompeteni guru, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Atdikbud-KBRI) Kuala Lumpur menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Workshop akan berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 28-30 Mei 2019.

Maksud dan tujuan dari acara tersebut adalah memastikan pengetahuan para guru dan tenaga kependidikan terhadap eksistensi sekolah dan juga hal-hal yang berhubungan dengan kompetensi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Atdikbud mengingatkan kepada semua pendidik dan tenaga kependidikan yang memungut dana pihak ketiga harus menggunakan proposal dan dilaporkan dengan baik setelah terlaksananya kegiatan karena mereka berhak mendapatkan informasi terkait dana yang mereka keluarkan.

Semua Sekolah Indonesia Luar Negeri didorong untuk menyelenggarakan kegiatan untuk upgrading tenaga pengajar menggunakan dana pemerintah. “Kedepan guru-guru harus senantiasa mendapat pelatihan untuk meningkatkan kapasitas mereka sebagai guru,” jelas Atdikbud.

Terkait beban kerja dan penggajian, Atdikbud menyampaikan juga perihal perpanjangan kontrak guru yang akan diberlakukan berbasis kerja yang dilihat dari tugas dan tanggungjawab yang dibebankan kepada guru dalam setiap tahunnya. “Kedepan akan kami setkan mekanisme beban kerja dan penggajiannya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan mekanisme penggajian dan pengelolaan uang supaya ditertibkan dengan sebaik-baiknya. Kepada guru-guru juga diingatkan supaya senantiasa mempersiapkan diri, meningkatkan kemampuan kerja supaya senantiasa siap apabila kontrak kerjanya tidak lagi tidak diperpanjang .

Mengingat bahwa SIKL merupakan sekolah swasta yang bersubsidi pemerintah, maka diingatkan bahwa sekolah tidak boleh menarik yuran SPP untuk jenjang SD dan SMP tidak diperbolehkan karena berada pada jenjang wajib belajar. “Dalam hal ini kita akan mencari solusi supaya menyelenggarakan kegiatan pembelajaran berdasarkan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah,” tegas Atdikbud lagi.

Dalam workshop ini akan menghadirkan beberapa pemateri seperti Atdikbud, dosen Indonesia di UM, motivator, dan juga kepala sekolah.(THS)

EditorUncategorized
Atdikbud membuka Workshop di SIKL Kuala Lumpur-Atdikbudkl.org: Dalam rangka upgrading kemampuan kompeteni guru, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Atdikbud-KBRI) Kuala Lumpur menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Workshop akan berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 28-30 Mei 2019. Maksud dan tujuan dari acara tersebut...